Polisi Tangkap Pencuri Cengkih

91
Wakapolres Kulonprogo Komisaris Polisi Dedi Surya Dharma SH SIK menyampaikan penjelasan terkait penangkapan pencuri cengkih. (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sudah punya profesi cocok dengan hobinya sebagai fotografer di studio foto, Irf (20) warga Dusun Sumoroto Sidoharjo Kulonprogo ini mungkin kurang puas. Dia juga ternyata hobi menjual barang milik orang lain.

Sayangnya barang itu dijual tanpa izin pemiliknya. Akibatnya dia ditangkap polisi, setelah menjual sekarung cengkih milik mantan gurunya.

Wakapolres Kulonprogo Komisaris Polisi Dedi Surya Dharma SH SIK mengatakan, pelaku Irf mengambil cengkih di gudang dengan cara mencongkel pintu.

“Pelaku membawa karung berisi cengkih dari lokasi menuju rumah pelaku yang berjarak sekitar satu kilometer menggunakan sepeda motor,” kata Komisaris Polisi Dedy, di Mapolres Kulonprogo, Selasa (10/04/2018).

Cengkih sebanyak 40 kilogram itu nilainya Rp 4 juta namun oleh Irf hanya dijual Rp 2,5 juta saja. Pencurian yang dilaporkan ke polisi ini berbuah penjara bagi Irf.

Baca Juga :  Sultan Jadi Kandidat Terbaik

Akibat perbuatannya, lelaki itu harus menerima ancaman pasal 363 KUHP dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Ditanyai wartawan, Irf mengaku cengkih tersebut dijual dan uangnya akan digunakan membiayai kebutuhan sehari-hari. Sebelum tetangkap mencuri cengkih, dia pernah mencuri ayam dan emas di tempat berbeda. (sol)