Polisi Tolong Wanita Melahirkan di Bulak Sawah

431
Timsus Polsek Sedayu dipimpin Iptu Agus Supraja SH menemukan perempuan yang akan melahirkan di bulak sawah Dusun Bandut Lor, Desa Argorejo,Sedayu dalam patroli rutin, Rabu (10/1/2018) pukul 04.30 WIB. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sebuah peristiwa kemanusiaan yang menyentuh hati terjadi di bulak sawah Dusun Bandut Lor, Desa Argorejo,Kec Sedayu, Rabu (10/1/2018) sekitar pukul 04.30 WIB. Kala itu team khusus Polsek Sedayu pimpinan Iptu Agus Supraja SH yang sedang melakukan patroli rutin menemukan perempuan dan seorang laki-laki berhenti di tengah bulak sawah yang gelap dan dingin.

Setelah didekati ternyata perempuan berinisial Ssh (22 tahun) asal Banjernegara dengan seorang laki-laki bernama Nipan (23 tahun) juga asal Banjarnegara yang mengaku pasangan suami istri sedang kebingungan. Sebab Ssh yang hamil 6 bulan mengalami mulas hendak melahirkan, serta ketuban sudah pecah.

Ssh terlihat kesakitan dan lemah di dekat sepeda motor yang diparkirkan oleh Nipan. Melihat kondisi yang ada, petugas segera mengontak ke penjagaan Polsek untuk mengirim mobil dan membawa pasangan tersebut ke Puskesmas Sedayu 1. Disana perempuan yang berstatus mahasiswi itu melahirkan dengan selamat bayi perempuan dengan berat 11 ons.

Bayi lahir dengan berat rendah karena terlahir prematur mengingat HPL diperkirakan Maret mendatang. Untuk penanganan lebih lanjut bayi dan ibu yang melahirkan dirujuk ke RS Panembahan Senopati.

“Kami dari team khusus memang rutin melakukan patroli dari malam hingga pagi hari guna memastikan kondisi wilayah aman. Saat patroli di bulak sawah Bandut Lor, tepatnya utara Perum GKP kami menemukan pasangan tadi. Kami tanya mereka mengaku suami istri dan segera kami tolong untuk bisa dilakukan penanganan karena perempuanya itu mau melahirkan,” kata Iptu Agus kepada koranbernas.id di Puskesmas 1 Sedayu.

Mereka bergerak cepat agar ibu dan bayi dalam kandungan bisa segera mendapat penanganan dari tim medis.

“Apalagi memang ketuban juga sudah pecah, jadi harus ditangani dengan cepat,” ujarnya. (yve)