Prambanan Punya Magnet Penarik Wisatawan, Apa Itu ?

550
Candi Prambanan (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Candi Prambanan terus berbenah dalam meningkatkan angka kunjungan wisata. Salah satunya melalui penyelenggaraan festival musik dan kuliner.

“Candi prambanan sebagai destinasi wisata sampai saat ini masih menjadi magnet and center of interest bagi wisatawan manca maupun nusantara. Minat wisata tersebut dalam domain cultural motivation atau kunjungan berbasis pada ketertarikan kepada budaya setempat,” papar Kepala Departemen Marketing PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Emilia Eny, Sabtu (12/08/2017).

Karenanya acara reguler Prambanan Music Art and Culinary Festival digelar 12 dan 13 Agustus 2017 di Lapangan Mandala Brahma Komplek Traman Wisata Candi Prambanan. Acara itu diharapkan dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan, Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Baca Juga :  Desa Lumbungrejo Maju ke Tingkat DIY

Prambanan Music Art and Culinary Festival kali ini memiliki tema kampung kuliner Nusantara. Tema tersebut diharapkan mampu mengangkat potensi kekayaan serta keragaman kuliner Nusantara yang kaya akan rasa khas maupun resep tradisi lokal namun dapat menarik minat penggemar dari berbagai negara.

“Berbagai olahan masakan asli nusantara akan disajikan oleh para peserta tenant,” jelasnya.

Selain sajian kuliner, pengunjung juga bisa menikmati sajian musik dari beberapa komunitas musik lintas genre di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

“Pertunjukan musik serta tari tentu akan menambah semarak suasana perhelatan festival,” katanya.

Pada event “Prambanan Music Art and Culinary Festival” ini, lanjutnya, juga akan mengakomodir berbagai produk olahan industri kreatif untuk menampilkan karya-karya hasil aktualisasi gagasan kreatif para praktisi “craft” di Yogyakarta.

Baca Juga :  Hanya Butuh Waktu 3 Tahun, KUBE Sejahtera dan Pendampingnya Raih Juara I Nasional

Kemeriahan festival kali ini juga melibatkan kolaborasi Sleman Fashion Festival (SFF) 2017 sebagai bagian dari rangkaian acara serta sinergi PT TWC dengan Dinas Pariwisata Sleman. (Bid Jalasutra/yve)