Pramuka Bakal Ikut “Nderes” di Wirakarya

1306

KORANBERNAS.ID – Sebanyak 910 anggota Praja Muda Karana (Pramuka) tingkat Penegak dan Pandega se-Jawa Tengah akan menggelar kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) IX Jawa Tengah. Kegiatan yang akan digelar 17 – 23 Oktober itu disambut meriah oleh warga Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen yang didaulat menjadi tuan rumah PWD IX tahun 2017.
Selama mengikuti kegiatan, para anggota Pramuka akan menjalani kehidupan bersama dengan keluarga yang mereka inapi.
“Jika keluarga yang mereka inapi, nderes nira dan membuat gula kelapa, mereka harus ikut seperti itu, dengan harapan setelah kegiatan selesai, mereka punya pengetahuan dan keterampilan baru,” kata Wakil Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kebumen Achmad Ujang Sugiyono SH
Kepada wartawan, Kamis (12/10)siang, Ujang Sugiyono yang didampingi Sekretaris Kwarcab Kebumen Drs Edy Sukamsi dan Kepala Bagian Humas Pemkab Kebumen Drs Sukamto MSi, memastikan, semua peserta PWD IX akan menjalani kehidupan bersama dengan 160 keluarga di mana mereka tinggal.
“Kami menyebut rumah warga yang digunakan untuk menginap peserta, PWD IX, homestay,“ ujarnya Ujang Sugiyono.
Ujang pun berharap peserta dapat mengikuti aktivitas kehidupan keluarga yang mereka tempati. Sebagian besar keluarga yang mereka inapi, tambahnya, dari pembuat gula kelapa, petani tadah hujan serta peternak. Peserta PWD IX juga diharapkan bisa ikut menderes nira kelapa, membuat gula kelapa, merumput atau bertanam di ladang warga.
Selain menjalani kehidupan keseharian warga, peserta juga melakukan kegiatan semacam bakti sosial masyarakat. Di antaranya rehabiltasi 19 rumah tidak layak huni, membangun talud jalan, membuat enam jamban keluarga, perbaikan tempat ibadah, serta bersih desa.
“Anggaran untuk bedah rumah bersumber dari APBDes Karanggadung dan APBD Kabupaten Kebumen, bantuan tiap unit (rumah) sebesar Rp 10 juta,” tandasnya.
Selama mengikuti kegiatan itu, peserta PWD IX tidak boleh membebani keluarga yang ditinggali. Sebaliknya, mereka harus memberi manfaat kepada keluarga yang mereka tempati. Karena itu, 75 persen kegiatan PWD IX, bakti masyarakat, kegiatan lainnya kepramukaan. (ros)

Baca Juga :  Pertama Kali, Kampus DIY Miliki SNI Corner