Pramuka Berperan Saring Berita Hoax

478
Wagub DIY, Paku Alam X memberikan penghargaan pramuka berprestasi di Kulonprogo, Sabtu (26/8/2017). (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pramuka memiliki banyak peran penting dalam pembangunan karakter bangsa. Termasuk dalam mengantisipasi maraknya berita hoax yang beredar di dunia maya.

“Pramuka bisa menyaring dan menyampaikan beragam informasi positif. Pramuka harus menyebar berita positif dan inspiratif,” papar Ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi disela penyerahan penghargaan pramuka berprestasi di Kulonprogo, Sabtu (26/8/2017).

GKR Mangkubumi mengungkapkan, selain mendukung program antihoax, untuk mendukung dan menyemarakkan kembali kegiatan kepramukaan, kwartir nasional telah membuat sebuah kebijakan agar setiap anggota pramuka menjadi kantor berita di masing masing daerah. Tujuannya untuk memberitakan kegiatan pramuka sekecil apapun memanfaatkan media sosial.
“Karena sebenarnya pramuka memiliki beragam kegiatan, tidak hanya kemah sehingga perlu adanya penyebaran informasi yang luas. Saat ini di Kwarda DIY kita terus memberikan pelatihan bagaimana cara membuat medsos dan menulis dengan baik dan benar di medsos,” paparnya.

Sementara Wagub DIY, Paku Alam X mengungkapkan, gerakan Pramuka saat ini sangat baik untuk menjadi ‘human character building’ melalui berbagai kegiatan latihan dan ketrampilan yang dilakukan. Pramuka juga terbukti mampu menciptakan insan yang mandiri dan bertanggung jawab, dalam membangun akhlaq anak bangsa yang berbudi peekerti berpikir positip, tangguh , percaya diri, onovatip dan setia kawan.

“Dengan menitik beratkan pada pembinaan mental dan disiplin pramuka menjadi tunas bangsa yang tangguh dan bertanggung jawab, berjiwa luhur dan memiliki jiwa bela negara,’ ungkapnya.

Menurut Paku Alam, pramuka juga menjadikan wahana untuk menanggulangi pengaruh negatif yang muncul ditengah masyarakat. Pengaruh negatif budaya yang tidak cocok dengan falsafah Pancasila hingga penanggulangan dari narkoba.

Wagub berharap, kepada para pembina pramuka agar terus meningkatkan pengetahuan ketrampilan serta wawasan, dalam membimbing generasi calon pemimpin bangsa. Karena generasi muda hidup ditengah kemajuan dunia yan terus berhulir.(yve)