Pramuka Harus Jadi Generasi Pemimpin

364
Kadisidikpora DIY, Baskara Aji menyampaikan paparannya di Hotel Neo Awana Jogja, Senin (21/8/2017). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Generasi muda yang aktif dalam kegiatan kepramukaan harus mampu menjadi generasi pemimpin. Sebab dalam kegiatan tersebut diajarkan konsep kepemimpinan sebagai bekal mereka.

“Pramuka merupakan generasi yang memiliki potensi dan karakter sebagai seorang pemimpin,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (kadisdikpora) DIY, Baskara Aji dalam pembukaan pelatihan pengembangan kepemimpinan kepramukaan di Hotel Neo Awana Jogja, Senin (21/8/2017).

Menurut Aji, konsep pengembangan kepramukaan merupakan kerja tim yang tidak akan mementingkan diri sendiri. Hal itu seiring dengan konsep kepemimpinan selain membangun sikap dasar seperti kompetensi dan kreativitas.

Pramuka juga harus memiliki sikap yang jelas dan percaya diri. Ketrampilan juga menjadi modal penting bagi mereka untuk belajar konsep kepemimpinan.

“Yang tidak kalah penting harus rendah hati dan menjadi teladan bagi masyarakat sekitarnya. Kreativitas juga menjadi bagian penting kepemimpinan pramuka,” tandasnya.

Sementara Latanggang, panitia penyelenggara menjelaskan, kegiatan itu diikuti oleh 100 pramuka tingkat Penegak Pandega dari seluruh DIY. Pelatihan diharapkan menjadikan para peserta menjadi pemimpin yang andal.

“Para peserta setelah usai pelatihan diharapkan mampu menjadi motor penggerak masyarakat sert mampu menghasilkan para pramuka yang berkarakter,” imbuhnya.(Dwi Suyono/yve)