Pramuka Tempat Mendidik Calon Pemimpin Bangsa

189
Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan materi Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Kepramukaan Tahun 2017 yang diselenggarakan BPO DIY pada 21-23 Agustus 2017 di Hotel Neo Awana Yogyakarta. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Organisasi Kepramukaan hingga saat ini terbukti efektif sebagai salah satu sarana pendidikan karakter bagi calon-calon pemimpin bangsa.

Di organisasi inilah para pemuda memperoleh gemblengan, tempaan maupun pelatihan sehingga menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter baik serta berbudi mulia.

“Pendidikan karakter itu penting. Organisasi Pramuka merupakan salah satu tempat bagi pengembangan pendidikan karakter, sebab pemimpin itu dituntut harus memiliki karakter yang baik,” ungkap Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Menurut dia, dasar-dasar kepemimpinan yang baik sudah selayaknya diletakkan sejak usia muda. “Salah satu tempat pendidikan karakter adalah melalui Kepramukaan,” tandasnya.

Artinya, semakin banyak generasi muda terjun di organisasi Kepramukaan sudah tentu semakin banyak pula generasi muda memperoleh pendidikan karakter yang kelak berguna apabila mereka memimpin bangsa.

Baca Juga :  Memprihatinkan, Geopark Tidak Beri Pendapatan Daerah

Karena itu, dia mengapresiasi program serta kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh Balai Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (BPO DIY), dengan sasaran para pemuda di provinsi ini.

Pada 21-23 Agustus 2017, BPO DIY menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Kepramukaan Tahun 2017. Acara yang berlangsung  di Hotel Neo Awana Yogyakarta tersebut diikuti oleh Pendega/Penegak di wilayah DIY sejumlah 100 orang berasal dari kabupaten/kota se-DIY.

Kadisdikora DIY Kadarmanto Baskara Aji mengalungkan tanda identitas kepada perwakilan peserta Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Kepramukaan Tahun 2017 yang diselenggarakan BPO DIY pada 21-23 Agustus 2017 di Hotel Neo Awana Yogyakarta. (dwi suyono/koranbernas.id)

Sisi positif

Kepala BPO DIY, Edi Wahyudi, menyampaikan kegiatan ini memang dikhususkan untuk para Penegak/Pendega mengingat sisi positifnya sebagai wahana untuk mengembangkan jiwa kepempinan mereka.

“Pelatihan keterampilan dalam hal kepemimpinan perlu dikuasai  oleh para penerus bangsa agar dapat melaksanakan fungsinya dalam kehidupan dan berorganisasi dengan baik,” kata dia.

Baca Juga :  LBH Sembada Beri Bantuan Hukum Gratis

Adapun tujuan pelatihan tersebut di antaranya untuk menanamkan wawasan tentang kepemimpinan Kepramukaan, membantu pemuda memahami fenomena kepemimpinan kepanduan, memberikan keterampilan praktis melakukan analisa organisasi Kepramukaan serta meningkatkan rasa nasionalisme dan menumbuhkan rasa cinta kepada Tanah Air.

Yang terpenting lagi, kegiatan ini juga bertujuan menyiapkan kader-kader bangsa untuk dapat menghadapi tantangan serta memahami dinamika yang muncul di tingkat regional, nasional maupun global.

Selama pelatihan dengan metode ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, praktik maupun game atau permainan peran, peserta memperoleh materi di antaranya kebijakan pengembangan Kepramukaan, dinamika kelompok, motivasi kepanduan, kepemimpinan dan komunikasi.

Adapun narasumber dari Asisten Deputi (Asdep) Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kwarda DIY dan sejumlah instansi terkait. (sol)