Prihatin, Puluhan Siswa SD Terpaksa Belajar di Emperan Sekolah

428
Siswa siswi kelas 3 SD Gentan 1 Gantiwarno belajar di emperan sejak pertengahan Juli lalu. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS, ID–Puluhan siswa siswi SD Gentan 1 Gantiwarno Klaten mengikuti kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di emperan sekolah sejak pertengan Juli lalu. Mereka terpaksa melaksanakan KBM di emperan sekolah karena 4 ruang kelas sedang dibongkar.

Ditemui disela-sela jam istirahat sekolah, Jumat (13/10/2017) pagi, para siswa menjelaskan belajar di emperan sekolah karena kelas yang selama ini digunakan untuk belajar sedang diperbaiki. Meski di emperan namun siswa mengaku tetap belajar seperti biasa.

“Kelas kami sedang diperbaiki atapnya. Biar lebih bagus,” kata sejumlah siswa-siswi kelas 3 saat ditemui di sekolahnya

Mereka menambahkan belajar di emperan sekolah memang tidak senyaman di ruang kelas. Kalau di emperan kurang bisa konsentrasi karena ada saja teman yang ramai dan bermain. Selain itu pandangan mereka sering beralih latar belakang bukit perbatasan wilayah Gantiwarno dengan Gunungkidul Jogja.

Kepala SD Gentan 1 Sulardi S.Pd mengatakan pelaksanaan KBM di emperan sekolah dikarenakan 4 ruang kelas di sekolahan itu tengah di rehab. Rehab telah dilaksanakan pertengahan Juli dan ditargetkan selesai akhir Oktober ini.

“Yang di rehab ruang kelas 1, 2, 3 dan 4. Sejak proses rehab dilakukan itulah kegiatan belajar mengajar siswa siswi kelas 1, 2, 3 dan 4 dilaksanakan di emperan. Sedangkan untuk siswa kelas 5 dan 6 tetap di ruang kelas,” ujar Sulardi.

Sulardi yang juga mantan Kepala SD Jogoprayan 2 Gantiwarno menambahkan SD Gentan 1 memiliki 94 siswa. Selama proses rehab berlangsung kegiatan belajar mengajar siswa kelas 1 dan 2 dimulai pukul 07:00 hingga 09:00 WIB. Sedangkan untuk siswa kelas 3 hingga 6 pukul 09:00 hingga 12:30 WIB.  Dan hari Jumat mulai pukul 07:00 hingga 10:30 WIB.

Bila dibandingkan dengan SD lain di wilayah Kecamatan Gantiwarno, jumlah siswa siswi SD Gentan 1 terbilang cukup banyak. Apalagi mengingat letak geografis yang berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Gedangsari Gunungkidul dan wilayah Kecamatan Wedi

Bahkan siswa siswi SD Gentan 1 ada yang berasal dari Gedangsari dan dari Wedi. (SM)