PRJ Ajang Promosi UMKM DIY

303
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengunjungi stan Pemda DIY di arena PRJ. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Usaha Pemda DIY memberdayakan pelaku ekonomi rakyat atau UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan membantu promosi di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ), memperoleh apresiasi kalangan legislator.

Ketua Komisi A dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Kota Yogyakarta, Eko Suwanto, didampingi Wakil Ketua Sukarman dan Sekretaris Agus Sumartono menyampaikan hal ini saat mengunjungi stan usaha kecil menengah dari Pemda DIY di arena PRJ, Sabtu (30/06/2018).

“Kami berharap Pemda intensif memberikan pelatihan keterampilan dan marketing. Perlu segera berkoordinasi dengan Dinas Kominfo agar bisa membantu produsen pelaku UMKM,” kata Eko Suwanto.

Menurut dia, sejumlah pelaku UMKM DIY seperti perajin dan pedagang termasuk produk pertanian selain batik, perak, makanan perlu memperoleh fasilitas pelatihan pemanfaatan IT untuk peningkatan produksi dan pemasaran.

Kepala Kantor Perwakilan Daerah (Kaperda) Pemda DIY,  Nugrahaningsih, mengatakan pihaknya mengajak sejumlah pelaku usaha berpameran sekaligus mengisi pameran produk-produk ekonomi rakyat di Pekan Raya Jakarta.

Selain berbincang bersama jajaaran Kaperda, pimpinan Komisi A DPRD DIY juga melakukan pembicaraan dengan para perajin, produsen, pedagang dan pembeli berbagai produk ekonomi rakyat.

Di tengah perbincangan dengan suasana yang tampak akrab, Eko Suwanto juga melayani foto bersama para produsen, perajin serta pengunjung pameran.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini juga membeli beberapa produk di antaranya gula semut, jahe bubuk, tas tangan bermotif batik serta berbagai produk lainnya.

Fariesha Rani, produsen tas dan sepatu rajut mengatakan senang mendapatkan kesempatan ikut pameran di PRJ.

“Terima kasih pemda dan DPRD mempromosikan produk kami, kita harapkan program ini bisa diteruskan dan pemda melakukan pemberdayaan bagi pelaku usaha ekonomi rakyat,” ujar Fariesha Rani.

Produsen lainnya, Sutejo, perajin perak ini juga mengatakan hal sama.

Terkait pemasaran dan akses pasar yang lebih luas,  Alumni MEP UGM Eko Suwanto menambahkan, ke depan selain mempromosikan produk ekonomi rakyat,  arena pameran PRJ bisa untuk mempromosikan destinasi wisata di DIY serta mengembangkan pemasaran secara modern.

Targetnya jelas, agar masyarakat Indonesia dan dunia bisa mengenal lebih dekat produk produk kerajinan dan pertanian dan bisa melakukan pemesanan jarak jauh.

“Kita dukung pemda dalam hal ini Kaperda dan instansi terkait memfasilitasi pameran dan promosi produk ekonomi masyarakat dengan harapan masyarakat DIY semakin sejahtera,” kata Politisi Muda PDI Perjuangan itu. (sol)