Pro dan Kontra, Pengoperasian JLSS Harus Disurvei

135
Jalan lintas selatan selatan di Kabupaten Kebumen nampak mulus dan lurus, seperti yang terlihat di Kecamatan Petanahan, Rabu (6/6/2018). (nanang wh/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Rencana Satuan Kerja Pelaksanaan Jalam Nasional (Satker-PJN) Wilayah 2 Jateng yang akan mengoperasionalkan fungsional jalan lintas selatan selatan (JLSS) atau jalan pantai selatan (Pansela) di Kabupaten Kebumen masih menimbulkan pro dan kontra.

Polres Kebumen memandang pengoperasional sementara jalan baru sepanjang 38,5 km, masih memerlukan survei dengan dinas teknis lain sebelum dioperasionalkan sementara saat Lebaran. Pengopersianalan JLSS masih memerlukan penambahan sarana dan prasarana keselamatan berlalu lintas.

“Perlu duduk bersama, Satker itu, Dinas Perhubungan dan lalu lintas,“ Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, SIK.MM kepada koranbernas.id, Selasa (5/6/2018) malam.

Survei untuk menguji keselamatan berlalu lintas di jalan itu digunakan fungsional diperlukan, sehingga ada pemecahan jika jalan benar benar difungsikan.

Menurut Arief Bahtiar, rambu rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan umum di jalan itu, hingga sekarang belum ada. Kondisi ini mengkhawatirkan keselamatan pengguna jalan. Jalan lurus dan mulus, tanpa rambu dan lampu penerangan jalan umum dikhawatirkan terjadi kecelakaan karena pengguna jalan terpicu melaju dengan kecepatan tinggi.

Polres Kebumen akan mendukung pengoperasian jalan itu saat arus mudik dan balik lebaran, jika ada surat pernyataan dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. Surat pernyataan perlu ada, agar Polres Kebumen bisa melakukan pengamanan di sepaanjang jalan itu. Jika pun ada pernyataan itu, Polres Kebumen berharap hanya difungsikan siang hari.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen Drs Maskemi MPd kepada koranbernas.id mengatakan akan meminjam rambu lalu lintas di Banyumas, jika JLSS difungsikan saat Lebaran. Tidak dijelaskan kesiapan aparat perhubungan untuk pengamanan lalu lintas di sepanjang jalan ini. (yve)