Produk Kulonprogo Harus Mampu Bersaing

175
Bupati Hasto Wardoyo menyeduh kopi menoreh di Manuggal Fair, Sabtu (30/09/2017). (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Produk produk Kulonprogo mau tidak mau harus ditingkatkan kualitasnya. Sebab produk lokal harus menghadapi persaingan dengan produk lainnya dari luar.

“Dua tahun ini kita harus bekerja keras bersama sama untuk meningkatkan kualitas produk masyarakat Kulonprogo. Karena ketika bandara beroperasi, produk Kulonprogo harus berani bersaing dengan produk lainnya” ujar Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo ditengah mengunjungi stand pameran Manunggal Fair dikompleks UNY Wates Kulonprogo Sabtu sore (30/9/2017).

Bupati cukup serius mengamati produk produk hasil karya warga Kulonprogo. Termasuk mengamati produk Kopi Menoreh. Hasto bahkan sempat mencoba meracik dan memasak kopi dengan alat khusus.

“Saya telah minta bantuan ahli memasak kopi, untuk membuat berbagai penelitian dan percobaan bagaimana agar produk kopi Kulonprogo rasanya istimewa. Saya ingin kopi Kulonprogo dapat menyaingi Kopi Starbucks” ujar Hasto Wardoyo.

Baca Juga :  Disabilitas Menjadi Perhatian Pemkot

Pameran Manunggal Fair tidak dilakukan di alun-alun pada tahun ini agar tidak merusak taman di alun-alun.

“Ini transisi, tahun depan kita adakan di Taman Budaya. Kota selatan akan mudah menjadi ramai, sedaung di utara di Pengasih ini harus kita dorong dengan kegiatan agar berkembang dan ramai,” paparnya.

Rosiana (25) salah seorang pengunjung menilai dari kualitas barang yang dipamerkan di stand dinas dan masyarakat memang ada peningkatan kualitas, meskipun ragamnya belum bertambah.

“Manunggal Fair ini kebanyakan di tanah, dikhawatirkan kalau hujan akan becek semua. Di Stadion Cangkring dulu kena hujan juga becek. Beruntung di stadion sebagian ada di aspal atau lantai semen, sehingga tidak becek semua,” katanya.(yve)

Baca Juga :  Ratusan Pegolf Perebutkan Trofi Keraton