Protes Warga Batalkan Pembangunan Bank Sampah

140

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Desa (Pemdes) Sudimoro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten akhirnya membatalkan pembangunan bank sampah di wilayahnya.

Ini dilakukan agar tidak terjadi perpecahan di masyarakat meski bank sampah tersebut diajukan pemerintah desa kepada bupati beberapa waktu lalu.

“Surat pembatalan sudah kami kirim hari ini kepada bu bupati lewat pak camat. Ini kami lakukan karena tidak ingin terjadi perpecahan di masyarakat,” kata H Agus Erwanto, Kepala Desa Sudimoro, Kamis (12/04/2018).

Pembatalan itu memang memiliki konsekuensi karena Pemdes Sudimoro yang mengajukan permohonan pembangunan bank sampah. Namun di perjalanan ternyata ada reaksi dari sebagian warga.

“Kalau ditanya kecewa apa tidak, ya jelas kecewa. Apalagi SK Bupati sudah ada dan anggarannya sudah jelas,” ujar Agus.

Baca Juga :  Alumni SPGN Purwokerto Reuni

Surat pembatalan diterbitkan setelah Pemdes Sudimoro mengadakan pertemuan dengan perangkat desa, karang taruna, LPMD, BPD dan tokoh masyarakat pada Selasa (10/4) di Kantor Kepala Desa Sudimoro. Dalam pertemuan itu tetap saja ada sebagian warga yang menolak.

Seperti diberitakan Jumat (06/04/2018), sejumlah warga Desa Sudimoro menolak pembangunan bank sampah di desa mereka. Aksi penolakan itu dilakukan dengan memasang sejumlah spanduk dan selebaran di beberapa tempat.

Menyikapi penolakan itu, Kades Agus Erwanto tidak bisa berbuat apa-apa. Meski kecewa namun demi kondusivitas wilayah dirinya harus mengambil keputusan yang adil. (sol)