Proyek Pemeliharaan Pasar Klaten Dihentikan

600
Pasar Klaten

KORAN BERNAS.ID–Kepala Bagian Pembangunan Setda Klaten Sigit Gatot Budiyanto meminta Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) menghentikan proyek pemeliharaan Pasar 3 Lantai Klaten karena menyalahi aturan.

“Dihentikan dulu dan taati aturan yang berlaku. Dari pada nanti terjadi masalah apalagi pemeriksaan oleh BPK juga sedang berjalan,”katanya.

Sigit Gatot mengatakan proyek pemeliharaan pasar 3 lantai dilakukan dengan sistem pengadaan langsung. Meski pagunya dibawah Rp 200 juta namun aturannya PPKom harus mengundang minimal 2 penyedia jasa.

Sebelumnya, PPKom proyek Pemeliharaan Pasar 3 Lantai Joko Purnomo mengatakan proyek telah dimulai pekan lalu. Adapun pagu proyek Rp 150 juta dari APBD Perubahan 2017.

Namun sebelum proyek dimulai, beberapa waktu lalu pihaknya kedatangan seorang penyedia jasa. Dan penyedia jasa itulah yang menggarap proyek yang meliputi kegiatan membersihkan saluran, pemasangan pintu dan merawat talang.

Baca Juga :  Desa Nglinggi Garap Sektor Pariwisata

Namun langkah PPKom yang hanya melibatkan seorang penyedia jasa itu dinilai menyalahi aturan. Apalagi penawaran juga belum ada namun pekerjaan sudah dimulai.

Joko Purnomo beralasan dirinya menyuruh penyedia jasa mulai menggarap proyek karena khawatit tidak selesai hingga akhir tahun anggaran. Karenanya, Kabag Pembangunan Sigit Gatot Budiyanto meminta proyek yang sudah berjalan untuk dihentikan.

Sorotan atas proyek itu juga datang dari kalangan penyedia jasa dan barang di Klaten. Menurut mereka apa yang dilakukan PPKom sangat disesalkan dan berpotensi menimbulkan masalah baru.

Pasar 3 lantai yang mendapat proyek pemeliharaan itu berlokasi di belakang Matahari Plasa. Bangunan tersebut pada tahun 1993 dibangun investor PT Inti Griya dengan pengelolaan selama 25 tahun. (SM)

Baca Juga :  Memprihatinkan, Bekas Kantor Tubup Jadi Gudang Sampah