Puan Maharani Kagumi Ponggok  

364
Menteri PMK Puan Maharani didampingi Plt Bupati Klaten Sri Mulyani dan Kades Ponggok Junaedi Mulyono saat beramah tamah di Umbul Ponggok, Senin (14/08/2017). (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Puan Maharani mendorong suksesnya obyek wisata Desa Ponggok di masa-masa mendatang. Dorongan tersebut diungkapkan disela-sela mengadakan kunjungan ke Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Senin (14/08/2017) sore.

Kunjungan Puan Maharani didampingi Plt Bupati Sri Mulyani, Muspida Klaten, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Klaten, Muspika Polanharjo, Kades Ponggok Junaedi Mulyono dan Dirut BUMDes Tirta Mandiri Ponggok Joko Winarno.

Setibanya di Desa Ponggok, putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri itu mengawali dengan mengunjungi Umbul Ponggok. Selanjutnya melakukan peletakan batu pertama pembangunan obyek wisata Ponggok Ciblon yang dulu dikenal dengan Banyu Mili.

Setelah itu melanjutkan pertemuan dengan warga dan tokoh masyarakat Desa Ponggok. Saat bertemu dengan warga dan tokoh masyarakat itu, Puan Maharani juga memberikan hadiah sepeda kepada warga yang bisa menghafal Pancasila.

Baca Juga :  Kabid Bina Marga Kebumen Mengaku Shock

“Keberhasilan BUMDes Ponggok sering disebut-sebut. Oleh karena itu saya berharap desa lain bisa mengikuti. Di klaten ada 410 desa dan kelurahan tetapi mengapa cuma Ponggok yang bisa,” pintanya.

Dia menambahkan dari tahun ke tahun alokasi dana desa terus meningkat. Pada 2017 ini jumlahnya sekitar Rp 60 triliun. Dana desa tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Sri Mulyani mengatakan Desa Ponggok yang sukses mengembangkan sektor wisata hendaknya bisa menjadi inspirasi bagi desa lain. Seperti yang dilakukan juga oleh Socokangsi Jatinom, Balerante Kemalang yang telah memiliki wisata tersendiri.

Kepala Desa Ponggok Junaedi Mulyono dan Dirut BUMDes Tirta Mandiri Ponggok Joko Winarno mengatakan tahun 2016 lalu pendapatan BUMDes Tirta Mandiri ditarget Rp 9 miliar dan terealisasi Rp 10,3 miliar. Dan pada 2017 ini target pendapatan Rp 15 miliar dan hingga Juli lalu total pendapatan dari semua unit usaha telah mencapai Rp 9 miliar.

Baca Juga :  Aisyiah Ikut Mengecam Aksi Teror Korbankan Perempuan dan Anak

“Hingga akhir tahun kami optimis target bisa tercapai,”katanya.(masal gurusinga/sm)