Puluhan Ibu Hamil Diperiksa Kesehatannya

145
Petugas Dinkes melakukan pemeriksaan, untuk deteksi dini penyakit ibu hamil. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sedikitnya 30 ibu hamil mengikuti sosialisasi dan cek kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Selasa (28/08/2018), di Aula Puskesmas Temanggung. Tujuannya untuk mengetahui atau deteksi dini terhadap kemungkinan munculnya penyakit pada ibu hamil.

Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Temanggung, Sri Hartatik, yang juga narasumber kegiatan  itu mengatakan terdapat tiga penyakit yang sangat membahayakan yaitu HIV/AIDS, Sipilis dan Hepatitis B.

Pemerintah Provinsi memberikan program kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk sigap menanggulangi dan mencegah secara dini penularan tiga penyakit tersebut.

Anggaran sosialisasi sekaligus tes tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk 12 kabupaten, salah satunya Kabupaten Temanggung.

Baca Juga :  Musik Calung, Ikut Ramaikan Sosialisasi Operasi Progo

“Ini dimaksudkan agar masyarakat terutama ibu hami mendapat gambaran sejak dini, untuk ditanggulangi secara dini dan intens,” kata Sri Hartatik.

Pengelola program deteksi HIV Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Adi Susanto, mengatakan pihaknya tidak hanya memberikan sosialisasi tentang pentingnya penanganan sejak dini pada ibu hamil, tetapi juga melakukan deteksi melalui laborat dengan rapid test untuk mendeteksi penyakit HIV AIDS, Sipilis, dan Hepatitis B.

“Dengan tes tersebut diharapkan ada penanganan sejak dini supaya terdapat pendampingan untuk mengantisipasi penyakit tersebut,” terangnya.

Sedangkan hasil dari pengambilan sampel darah akan diuji di laborat. Jika terdapat pasien ibu hamil positif terjangkit salah satu penyakit tersebut segera ditangani oleh Puskesmas dan rumah sakit. (sol)

Baca Juga :  Tol Bawean-Salatiga Ramai Lancar