Mahasiswa Teknik Mesin UJB memeriksa mobil di kampus, Senin (11/9/2017). (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Puluhan mobil ikut general check up di Universitas Janabadra Yogyakarta (UJB), Senin (11/9/2017). Laiknya pemeriksaan tubuh secara menyeluruh, mobil-mobil yang terpakir rapi di depan Fakultas Teknik tersebut diperiksa secara detil oleh enam mahasiswa Jurusan Teknik Mesin sebagai mekanik.

“Kami memeriksa empat puluh lima mobil seluruh bagian mesin selama tiga hari kedepan hingga rabu,” ujar Syahril Machmid, Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Mesin Fakultas Teknik UJB disela kegiatan.

Menurut Syahril, kegiatan yang digagas melalui kerjasama dengan Nissan Bantul dan komunitas mobil tersebut sebagai salah satu aplikasi dari matakuliah khusus Motor Bakar, Konversi Energi dan Teknik Otomotif di Jurusan Teknik Mesin. Juga menjadi rangkaian peringatan Dies Natalis ke-21 Jurusan Teknik Mesin pada tahun ini.

Baca Juga :  PKM UPY Berdayakan Ekonomi Gading Kulon

Selain itu sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat jurusan tersebut. Dengan demikian Teknik Mesin dapat bermanfaat bagi masyarakat selain membekali ilmu dan praktek pada mahasiswa mereka.

“Kami bersama koordinator mekanik yang merupakan pegawai nissan sekaligus alumni jurusan melakukan pendampingan dalam general check up ini,” ujarnya.

Syahril menambahkan, selain general check up mobil, dalam dies natalis sebelumnya, jurusan tersebut memberikan servis gratis pada kendaraan roda dua. Kegiatan digelar secara rutin setiap dies natalis jurusan tersebut.

“Diharapkan kegiatan semacam ini akan meningkatkan kompetensi mahasiswa saat terjun ke dunia kerja,” imbuhnya. (yve)