Puluhan Warga Menuntut Pilkades Ulang

463
Warga Desa Kalikotes di sela-sela audiensi di Komplek Setda Purworejo. Mereka menuntut Pilkades ulang. (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sekitar 50 orang warga Desa Kalikotes Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, terdiri dari perwakilan tim pemenangan tiga calon yang kalah dalam Pilkades Kalikotes, mendatangi Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Purworejo, Jumat (10/11/2017) siang.

Mereka menuntut agar Pemerintah Kabupaten (pemkab) Purworejo menganulir hasil Pilkades yang memenangkan calon nomor 2, yang dinilai melakukan politik uang dalam proses Pilkades di Desa Kalikotes pada 30 Oktober lalu.

“Kami menduga calon nomor 2 menang dengan tidak jujur, membagi-bagikan uang menjelang dilaksanakan Pilkades di desa kami,” ucap Suryanto (39), warga Desa Kalikotes.

Suryanto mengaku memiliki bukti dan kesaksian calon terpilih yakni calon nomor 2 menggunakan politik uang dalam pilkades di desanya.

Baca Juga :  Truk Galian C Harus Hati-hati Lewati Gondang-Basin

Menurut dia, sebelum digelar Pilkades, tepatnya pada 11 Oktober lalu, dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama di antara empat calon agar tidak melakukan politik uang.

“Nyatanya calon nomor 2 dan tim pemenangannya melanggar kesepakatan. Kami tidak bisa menerima hasil ini, dan kami akan meminta pemkab mengulangi proses pilkades,” sergahnya.

Dalam audiensi itu, puluhan warga Desa Kalikotes menggunakan beberapa kendaraan roda dua dan puluhan sepeda motor. Mereka tiba di Gedung Setda dengan pengawalan ketat puluhan petugas polisi. (sol)