Purworejo Ingin Ambil Bagian dari Pembangunan NYIA

373
Agus Bastian menyerahkan cenderamata untuk Sri Sultan Hamengku Buwono X, usai pertemuan di Gedhong Wilis Kepatihan. (solahudin alwi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Purworejo, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang bersebelahan langsung dengan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ingin ikut ambil bagian dari proyek besar pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo. Adapun caranya melalui kerja sama dengan DIY.

Langkah awal ini dirintis, Jumat (06/10/2017) kemarin. Dipimpin langsung Bupati Purworejo Agus Bastian beserta wakilnya, jajaran Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo bersilaturahmi ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada pembicaraan yang berlangsung di ruang kerja Gubernur DIY Gedhong Wilis Kepatihan, dibahas rencana-rencana serta program-program besar terkait dengan keberadaaan NYIA yang dijadwalkan beroperasi 2019.

“Bagaimana pun Kabupaten Purworejo bersebelahan dengan DIY. Kami ingin ambil bagian dari pembangunan bandara. Kita mengadakan pembicaraan-pembicaraan pengembangan wilayah,” ungkap Agus Bastian diwawancarai wartawan usai pertemuan.

Apa saja langkah yang akan diambil, Agus Bastian menjelaskan, Purworejo berencana membangun Border City mengingat jarak  NYIA dengan wilayah Purworejo hanya satu kilometer. Border City seluas 20 kilometer persegi tersebut berupa kota industri yang nantinya diselaraskan dengan Aeoro City yang dibangun DIY. “Border City tidak sama dengan Aero City, jadi saling melengkapi,” kata dia.

Mantan anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) DIY dari Partai Demokrat ini lebih jauh mengatakan konsep besar itu meliputi pula pembangunan pelabuhan laut dalam di wilayahnya.

Apabila ini berhasil maka akan bermanfaat dan menguntungkan bagi Purworejo sendiri maupun DIY, setidaknya pengiriman barang-barang ekspor dan kontainer tidak lagi jauh melalui pelabuhan di Semarang.

“Respons Pak Gubernur DIY sangat bagus. Ini momentum untuk menyatukan langkah antara DIY dan Purworejo karena pintu gerbang utama NYIA itu berada di Purworejo,” ungkapnya.

Termasuk juga pengembangan sektor pariwisata, baginya, Purworejo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulonprogo tidak bisa dilepaskan dari DIY. Purworejo yang dulu hanya memberikan alternatif wisata kini sedang serius membangun sektor pariwisatanya. (sol)