Purworejo Potensial Produksi Garam

210

KORANBERNAS.ID -– Sebagai daerah yang memiliki batas pantai sepanjang 22 kilometer, membuat gagasan agar Kabupaten Purworejo dapat mengoptimalkan potensi laut itu. Salah satunya adalah berproduksi garam. Sebab, kandungan garam pada air laut menjadi potensi tersendiri bagi Kabupaten Purworejo.

Gagasan ini disampaikan oleh Ketua DPRD Purworejo, Ir Luhur Pambudi Mulyono MM, kepada koranbernas.id, Minggu (20/05/218).

“Purworejo memiliki daerah pantai yang bisa dioptimalkan sumber daya alam nya. Bicara pantai, memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Garam adalah produk yang tepat untuk dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (pemkab) Purworejo,” jelas Luhur.

Dia melihat, kebutuhan garam dalam kehidupan adalah mutlak. Sehingga jika Purworejo mau dan bisa, tentu saja bisa menjadikan produk garam yang laku keras. “Daripada kita harus mengimport dari luar negeri. Lebih baik Purworejo memulainya dari sekarang untuk memenuhi kebutuhan garam nasional,” bebernya.

Baca Juga :  Sejak Ditemukan Tahun 1915 Sendang Ini Tak Kering

Luhur juga mengapresiasi Mantan Kades Patutrejo Kecamatan Grabag, Kiswadi, yang sudah melakukan industrilisasi garam secara manual. “Di Desa Patutrejo itu industri garam secara manual. Tapi kualitasnya sangat bagus lho. Ini patut menjadi embrio munculnya industri sejenis,” sergahnya.

Menurutnya, jika industrilisasi garam digarap menggunakan tehnologi yang modern tentu saja akan lebih menghasilkan garam yang bagus.

“Tentu saja baik kualitas dan kuantitas garam yang akan diolah dengan menggunakan tekhnologi akan lebih menjanjikan untuk mensuplai kebutuhan garam nasional,” terang pria yang menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Purworejo ini.(yve)