Puskesmas Bukan Hanya Untuk Rawat Orang Sakit

359
Bupati Gunungkidul Badingah saat meninjau ruang rawat inap pada peresmian puskesmas Purwosari, Selasa (16/1/2018).(st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Bupati Gunungkidul, Badingah meresmikan gedung baru Puskesmas Kecamatan Purwosari Selasa (16/01/2018). Dalam perkembangannya, pusat kesehatan masyarakat tersebut diharapkan terus meningkatkan pelayanan.

“Puskesmas harus bisa memberi edukasi kesehatan supaya masyarakat yang datang bukan hanya berobat namun bisa konsultasi kesehatan bagi orang sehat sehingga bisa mengurangi permasalahan,” kata Badingah.

Dikatakan, ke depan untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kesehatan prima masyarakat di wilayah selatan juga akan didirikan RSUD di wilayah Saptosari. Saat ini proses pembangunan sudah pada tahap pengerjaan.

“Tujuan didirikannya rumah sakit tak lain untuk memberikan kamudahan akan akses kesehatan,” ujarnya

Lebih jauh bupatii mengucapkan terimakasih kepada kader kesehatan karena bekerja tanpa pamrih. Bermodal keikhlasan, selama ini telah membantu pemerintah dalam melayani masyarakat di bidang sosial dan kesehatan.

Baca Juga :  Bangsa Ini Tidak Boleh Cedera

“Untuk itu guna manambah insetif kader, kami meminta agar pemerintah desa melalui ADD (alokasi dana desa) untuk menganggarkan insentif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Dewi Irawati mengatakan, Puskesmas Purwosari dibangun dilahan seluas 1.100 meter persegi di atas tanah seluas 5.000 meter persegi dengan biaya Rp 3,2 miliar.

“Masih ada yang belum terbangun yaitu aula dan talut, kita terus meningkatkan kualitas pelayanan yang representatif dan moderen sesuai standar kesehatan,” kata Dewi Irawati.

Menurutnya, Puskesmas Purwosari sudah melakukan rawat jalan sejak tahun1984 dan sudah melayani 5 desa dan ada 3 puskesmas pembantu. Sekarang, sudah terakreditasi madya ke depan bisa utama bahkan paripurna. (yve)

Baca Juga :  Di Kecamatan Ini, Pengantin Baru Wajib Lepas Burung ke Alam Bebas