Puting Beliung Rusak Beberapa Wilayah Jogja

459
Hujan deras disertai puting beliung merusak di SMP Joannes Bosco Yogyakarta, Selasa (24/04/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sejumlah kawasan di Kota Jogja dan Bantul mengalami kerusakan akibat hujan deras yang turun disertai puting beliung pada Selasa (24/04/2018) pukul 14.25 WIB. Kondisi cukup parah terjadi di kawasan Timoho dan Sorowajan karena cuaca ekstrim tersebut.

Salah satu wilayah di Baciro yang mengalami kerusakan yakni di SMP Joannes Bosco Yogyakarta. Genteng beterbangan dari atap sekolah dan ranting pohon-pohon yang berada di sekolah jatuh menimpa atap sekolah.

“Sekitar jam 13.55 terjadi angin yang kencang. Saya dan teman-teman kerja masih ada di sekolah. Dari dalam ruangan saya lihat ranting-ranting pohon jatuh, barang-barang yang ringan juga terbawa angin,” ungkap Humas SMP Joannes Bosco Yogyakarta, Margareta Heni Yuliana ketika dihubungi Koran Bernas.

Menurut Heni, karyawan dan guru di sekolah itu juga melihat angin puting beliung yang kembali memusar dan bergerak ke arah timur. Setelah hujan reda pada pukul 14.43 WIB baru terlihat kerusakan di sekolah.

Baca Juga :  Tiga Gunungan Ini Tarik Wisatawan

“Kami akhirnya kerja bakti membersihkan sekolah karena kerusakan terjadi di sejumlah titik. Namun sekolah dan gereja di sebelah sekolah aman karena sudah diperbaiki,” jelasnya.

Warga SMP Joannes Bosco Yogyakarta bekerja bakti membersihkan sekolah yang mengalami kerusakan akibat hujan disertai puting beliung, Selasa (24/04/2018). (istimewa)

Sementara berdasarkan informasi dari Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY hingga pukul 16.15 WIB, sejumlah kerusakan terjadi di beberapa titik. Dampak Hujan deras disertai angin kencang pada mengakibatkan kerusakan di STPMD APMD, Baciro, Gondokusuman Yogyakarta.

Satu Pohon Sawo Kecik berdiameter ±40cm tumbang di dalam area kampus , dua Pohon Ketapang berdiameter ±20 cm dan ±40 cm juga tumbang ke lapangan basket. Meski tidak ada kerusakan berarti namun satu dosen mengalami luka-luka karena tertimpa dahan pohon. Saat ini dosen dirujuk ke RS Bethesda.

Baca Juga :  Gunungkidul Yakin Rebut Swasti Saba Wistara

Kerusakan juga terjadi di Perum Timoho Asri II, No.53, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta. Kabel telpon dan tiang telpon tertimpa pohon jati dan talok namun belum tertangani. Sekitar 20 KK di Kampung Gendeng, Baciro RT 17 RW 18 juga mengalami kerusakan genteng yang beterbangan.

Sedangkan di Bantul, 30-an KK di Sorowajan, Banguntapan juga mengalami kerusakan. Begitu pula Kampus STMIK AKAKOM, Karamg Jambe No.143, Banguntapan Bantul yang mengalami kerusakan. Diantaranya atap ruang Kelas A12 yang rusak karena asbes berterbangan dan jatuh di atap kelas tersebut.(yve)