Qurban Nusantara Atasi Kekurangan Daging

147
Ketua Tim SQN PKPU HI DIY Muthori menyampaikan program PKPU di Jambon Resto, Selasa (24/7/2018). (wahyu na/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — PKPU Human Initiative mengajak masyarakat untuk berbagi dalam program Sebar Qurban untuk Nusantara. Sebab qurban selain menjadi ibadah umat muslim juga merupakan wujud kepedulian sosial untuk memberikan kebermanfaatan bagi orang lain.

Muhtori, Ketua Tin SQN PKPU HI DIY di Jambon Resto, Selasa (24/7/2018) mengungkapkan pihaknya mengajak masyarakat agar segera meniatkan diri dan memantapkan hati untuk berqurban tahun ini.

Menurutnya, PKPU sebagai lembaga swadaya masyarakat yang sudah mendapat pengakuan dari dalam dan luar negeri selama ini membantu masyarakat dalam berkurban. Program yang telah dimulai tahun 2000 ini telah membantu penyaluran hewan qurban masyarakat ke daerah-daerah terpencil dan pedalaman Indonesia bahkan hingga ke negara tetangga yang bencana kekeringan, krisis pangan, dan konflik perang.

Tercatat pada tahun 2017, PKPU HI telah berhasil menyalurkan hewan qurban sebanyak 19.431 dimana 238.172 keluarga telah merasakan manfaat dari program SQN tersebut. Di tahun 2018 ini, PKPU HI Cabang DIY berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan distribusi daging qurban.

PKPU menargetkan akan mengajak 400 pequrban dengan 4.000 penerima manfaat. Terdapat beberapa tipe produk qurban yang dikelompokan berdasarkan lokasi penyalurannya dengan harga kompetitif mulai dari Rp 1.595.000 untuk Qurban Sapi.

“Harga bisa lebih rendah, karena kami telah bekerjasama dengan para petani, jadi harga bisa lebih murah,” jelasnya.

PKPU, lanjutnya juga akan memberikan sertifikat dan foto-foto kegiatan bagi para donatur sebagai bentuk pertanggungjawaban.

“Diharapkan program itu dapat membantu masyarakat yang benar-benar ingin berqurban namun terkendala mahalnya harga ternak pada umumnya,” jelasnya.(yve)