Rame-rame Membersihkan Sungai Gajah Wong

476
Kodim 0734/Kota Jogja bersama PT SGM menggelar aksi bersih sungai di Gajah Wong, di Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Minggu (27/08/2017).(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Ratusan anggota Kodim 0734/Kota Jogja bersama keluarga besar PT Sarihusada Generasi Mahardhika (PT SGM) menggelar kegiatan bersih sungai Gajah Wong, Kelurahan Mujamuju, Kec Umbulharjo, Minggu (27/08/2017). Kegiatan ini dalam rangka HUT ke-63 PT SGM. Selain bersih sungai juga dilakukan penanaman pohon. Kegiatan  dipimpin Komandan Kodim 0734/Yka, Letkol (Inf) rudi Firmansyah SE, MM serta jajaran Sarihusada Danone ELN Indonesia. Ikut dalam aksi sosial ini gabungan dari 14 ormas yang ada di Kota Yogyakarta, BLH, Pareanom, Komunitas Code X, Komonitas Tugu,Relawan, Pramuka, dan masyarakarat lingkungan sekitar pabrik.

Kegiatan ini diawali dengan penanaman 150 bibit pohon produktif berupa bibit mangga dan aksi bersih sungai, kemudian ditutup dengan pelepasan 31 burung Merpati.

Dandim mengatakan kegiatan ini bertujuan membantu Pemeritah Kota Yogyakarta dalam mengurangi polusi dan menjadikan bantaran Sungai Gajah Wong lebih sejuk dan nyaman.“Program ini merupakan salah satu langkah untuk menggugah kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. Kami berharap dengan adanya kegiatan aksi tanam pohon dan bersih sungai ini, masyarakat lebih peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kelestariaan lingkungan sekitar sehingga tercipta lingkungan yang bersih dannyaman,” kata Dandim.

Kodim sebagai satuan komando kewilayahan yang memiliki tugas membantu pemerintah Kota Yogyakarta dalam melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah Kota Yogyakarta, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan sehat. Ini sebagai upaya meningkatkan pelestarian lingkungan hidup yang saat ini sering terabaikan oleh karena adanya pencemaran, faktor pemanfaatan lahan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan dan juga derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini sekaligus menyikapi kerusakan lingkungan melalui kegiatan penghijauan dan pembersihan sampah dalam rangka HUT ke-72 Kemerdekaan RI tahun 2017 sekaligus untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya di wilayah Kota Yogyakarta.

“Juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh komponen masyarakat di wilayah Kota Yogyakarta terhadap pentingnya pelestarian lingkungan, serta mencegah kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan kerugian, selain itu untuk mendukung program pemerintah dalam rangka kampanye menuju “Indonesia Hijau Berseri” yang mengarah penanaman nilai-nilai kecintaan terhadap Tanah Air dan Bangsa,”tandas Dandim.

Nunung Lelly Puspitasari, Human Resources Director Danone ELN Operation Indonesia menyampaikan PT SGM sebagai bagian dari masyarakat kota Yogyakarta mendukung sepenuhnya program pemerintah menuju

“Indonesia Hijau Berseri”. Dia berharap bisa selalu bersinergi denganaparat dan pemerintah dari tingkat kabupaten, kecamatan maupun kelurahan serta masyarakat sekitar. (SM)