Ratusan Karyawan di Obyek Wisata Ini Perebutkan Jabatan

147
KMT A Tirtodiprojo memberikan pengarahan di hadapan para bakal calon pejabat GL Zoo Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Sebanyak 102 karyawan obyek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta siap memperebutkan jabatan mulai dari kepala unit (kanit), kepala bagian (kabag) atau kepala bidang (kabid) hingga posisi manajer.

“Ke depan kami ingin membangun sistem kerja di GL Zoo yang lebih baik,” kata KMT A Tirtodiprojo (Joko), Direktur Utama GL Zoo, tatkala memberikan pengarahan dan pembekalan di hadapan para bakal calon (balon) pejabat di Mayang Tirta kompleks GL Zoo, Jumat (02/02/2018).

Menurut dia, untuk mengisi jabatan pimpinan di masing-masing bidang, manajemen menerapkan sistem lelang jabatan. Peserta lelang diusulkan oleh para karyawan sendiri.

Pada acara bertema Manajemen Mencari Pimpinan GL Zoo 2018 itu, Joko mengatakan mereka yang akan mengisi lelang jabatan rata-rata karyawan baru yang berpengalaman kerja minimal dua tahun di kebun binatang tersebut.

Selebihnya adalah pejabat lama yang selama ini sudah menduduki posisi strategis. Dua jabatan manajer yang lowong adalah manajer konservasi dan operasional. “Kalau dari karyawan nanti tidak ada yang layak menduduki, akan kami ambilkan dari luar GL Zoo,” kata dia.

Model lelang jabatan diterapkan untuk menghadapi tantangan globalisasi yang sarat dengan persaingan. “Dulu, obyek wisata masih sedikit, sekarang kan semakin banyak bermunculan. Kalau kita tidak mengikuti perkembangan di era global ini akan terlindas,” jelasnya.

Untuk mengisi jabatan yang ditawarkan, para balon harus mengikuti seleksi. Khusus tes kejiwaan dipercayakan pada tim RSPAU dr S Harjolukito. Ini karena peranan pemimpin sangat penting.

Tes balon pejabat GL Zoo dilaksanakan 7 Pebruari dan mereka yang lolos serta dinyatakan terpilih akan dilantik 1 Maret mendatang.

Untuk menjadi pemimpin selain cerdas dan percaya diri, juga harus mampu menginspirasi bawahannya. “Harus mampu menjadi inspirasi, memberi perintah yang jelas dan tegas,” kata dia. (sol)