Ratusan Pelajar Lomba Paduan Suara

463
Kodim0734/Kota Jogja menggelar lomba paduan suara, Selasa (22/08/2017). (istimewa)

KORAN BERNAS.ID–Tak kurang dari 210 pelajar tingkat SMA se-Kota Jogja mengikuti lomba paduan suara, baca puisi dan tarian perjuangan daerah di Kodim 0734 Yogyakarta, Selasa (22/08/2017). Kegiatan digelar dalam rangka Hari TNI ke-72 dan HUT ke-67 Kodam IV/Diponegoro.

“Semuanya ada 210 pelajar tingkat SMA sederajat yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka terbagi dalam 18 tim sekolah yang bersaing di tiga kategori lomba, paduan suara, baca puisi, dan tarian daerah,” ucap Komandan Kodim 0734 Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah.

Dandim mengungkapkan, selain menyambut HUT TNI dan HUT Kodam IV/Diponegoro, kegiatan ini merupakan bagian dari komunikasi sosial (komsos) kreatif, yaitu bentuk baru komunikasi sosial yang tengah digalakkan TNI Angkatan Darat . “Jadi ini bagian dari metode pembinaan teritorial,” katanya.

Baca Juga :  Pastikan Natal dan Tahun Baru Aman

Dandim menjelaskan, ada beberapa ketentuan dalam perlombaan. Untuk paduan suara, setiap peserta membawakan dua lagu yang terdiri dari lagu wajib yaitu lagu nasional dan lagu pilihan dari lagu daerah.

Pilihan lagu nasional terdiri dari Bangun Pemuda Pemudi, Bendera Merah Putih, Dari Sabang Sampai Merauke, Halo-halo Bandung, Bagimu Negeri, Berkibarlah Benderaku, Maju Tak Gentar, dan Satu Nusa Satu Bangsa.

Sedangkan pilihan lagu daerah antara lain, Ampar-ampar Pisang, Cublak-cublak Suweng, Gundul-gundul Pacul, Manuk Dadali, Rasa Sayange, Suwe Ora Jamu, Angin Mamiri, Anak Kambing, Cingcang Keling, Ambon Manise, Dayung Sampan, Injit-injit Semut, Lembe-lembe, dan Jaranan.

Untuk lomba puisi, peserta membawakan puisi wajib Diponegoro karya Chairil Anwar, serta puisi ciptaan sendiri bertemakan TNI. Sedangkan untuk lomba tarian perjuangan daerah, setiap kelompok peserta memainkan tarian bertema perjuangan daerah karya cipta sendiri.

Baca Juga :  Tangan Boimin Bergetar Didatangi Polisi

Pasiter Kodim 0734 Yogyakarta Kapten Inf Rino Triwidodo mengatakan, dari setiap kategori akan dipilih juara I dan II. Selanjutnya juara akan mengikuti lomba serupa di tingkat Korem 072/Pamungkas, hingga tingkat Kodam IV/Diponegoro. “Di tingkat Korem, hadiahnya akan lebih besar lagi,” tambahnya.  (sari wijaya/*/SM)