Ratusan Pelajar SD Turun Jalan Bawa Poster

1630

KORANBERNAS.ID —  Mendung masih menyelimuti langit Kota Yogyakarta ketika ratusan pelajar SDN Suryodiningratan 2 turun ke jalan sambil membawa poster, Jumat (15/09/2017) pagi. Unjuk rasa? Bukan. Para pelajar itu sedang mengikuti kegiatan belajar di luar ruang kelas sekaligus memperingati Hari Ozon Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 September.

Dari sekolah mereka di Jalan Pugeran Barat, Mantrijeron Kota Yogyakarta, anak-anak tersebut berjalan kaki menuju Pasar Aneka Satwa dan Tanaman Yogyakarta (Pasty) di Jalan Bantul, lebih kurang satu kilometer jaraknya dari sekolah.

Didampingi para guru serta mahasiswa dan mahasiswi Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), anak-anak ini terlihat riang kemudian mengangkat tinggi-tinggi poster-poster hasil karyanya.

Poster-poster yang berisi ungkapan mengenai pentingnya menjaga lapisan ozon itu antara lain bertuliskan tanam pohon dan lestarikan, jaga bumi dari polusi, selamatkan bumi kita, stop global warming.

Di hadapan anak didiknya, Kepala SDN Suryodiningratan 2 Yogyakarta Dra Rini Padmiharti selain berpesan untuk menjaga sopan santun dan nama baik sekolah, dia juga menyampaikan peringatan Hari Ozon dimaksudkan untuk mengingatkan manusia mengenai pentingnya menjaga lapisan ozon yang menyelimuti bumi.

“Lapisan ozon itu untuk apa, to?” tuturnya yang langsung disambut beragam jawaban dari anak-anak didiknya.

Benar, kata dia, lapisan ozon fungsinya untuk menahan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Jika lapisan ozon berlubang, sinar ultraviolet bisa menyebabkan kerusakan kulit atau kebutaan bahkan menaikkan suhu bumi yang berakibat naiknya permukaan air laut sehingga terjadi banjir.

Inilah pentingnya menjaga lapisan ozon, dengan cara peduli lingkungan, mengurangi penggunaan botol plastik dan sedapat mungkin menghindari membakar sampah. (sol)