Ratusan Penderita Katarak Dioperasi, Gratis

222
Penderita katarak menjalani pemeriksaaan sebelum dioperasi. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Kabupaten Temanggung  bersama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung RI mengadakan kegiatan operasi katarak gratis di RSUD setempat.

Operasi katarak diikuti 201 penderita berasal dari Temanggung, sedangkan 17 penderita katarak berasal dari Kabupaten Kudus. Mereka ditangani 12 dokter bedah dari Badilum dan 13 dokter spesialis mata dari Persatuan Dokter Spesialis Mata (Perdami).

Menurut Dirjen Badan Peradilan Umum, Herry Swantoro, kepedulian pemerintah Kabupaten Temanggung sangat luar biasa, dengan cara memberikan fasilitas penuh.

Masyarakat menengah ke bawah harus bisa menikmati kesehatan secara penuh. “Program bupati ini sangat baik, karena selain dari BPJS, Pemkab Temanggung juga mengeluarkan Jaminan Kesehatan Temanggung (JKT), dengan begitu warga Temanggung tanpa terkecuali telah dijamin kesehatannya,” ujarnya, kemarin.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno  ditemui secara terpisah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian Pemkab Temanggung terhadap kesehatan masyarakat.

Kerja sama ini merupakan kegiatan yang luar biasa antara Mahkamah Agung RI dengan Pemerintah Daerah Temanggung.

Selain operasi katarak, juga dilakukan operasi hernia dan bibir sumbing, pemeriksaan kanker serviks dengan metode IVA dan pemasangan alat KB gratis yang akan diselenggarakan di Puskesmas Selopampang Kabupaten Temanggung. (sol)