Ratusan Pengendara Kena Tilang

286
Operasi Zebra Candi 2017 di Jalan Ahmad Yani, Kebumen Kamis (02/11/2017). (nanang wh/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Hari kedua Operasi Zebra Candi 2017 yang digelar Polres Kebumen, Kamis (02/11/2017), sebanyak 153 orang pelanggar lalu lintas kena tilang. Mereka tidak bisa menunjukkan kelengkapan berkendara, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Ada dua lokasi razia yang digelar Polres, yakni di Jalan Pahlawan Selatan Alun Alun Kebumen, tepatnya di depan gedung DPRD Kabupaten Kebumen dan di Jalan Ahmad Yani Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, memimpin langsung jalannya razia. Ketika memimpin razia di Jalan Ahmad Yani Kebumen selama satu jam sejak pukul 14.00 WIB, Titi tidak hanya memantau personelnya melakukan pengecekan. Didampingi Kabag Operasi Polres Kebumen Kompol Suyatno, Kasat Lalu Lintas AKP Suryo Wibowo, Kasat Sabhara AKP Krida Risanto, Kasat Intelkam AKP Cipto Rahayu, Kapolres turun langsung memeriksa para pengguna jalan.

Baca Juga :  DHC 45 Melestarikan Semangat Juang

Dari hasil pengecekan, ternyata banyak ditemui pelanggaran. Sebagian besar tidak bisa menunjukkan kelengkapan berkendara secara lengkap. Baik surat surat, maupun kelengkapan kendaraan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam sehari, di dua lokasi tersebut, total ada 153 penindakan pelanggaran. Dalam penindakan tersebut ternyata ada beberapa pelajar yang belum cukup umur namun sudah mengendarai sepeda motor.

“Itu kan bahaya. Bahaya untuk dirinya maupun orang lain,” kata Titi .

Dari temuan tersebut, Titi mengimbau kepada para pelajar, jika memang belum memiliki SIM jangan mengendarai kendaraan bermotor. Mereka bisa naik sepeda ataupun diantar pada saat pergi sekolah atau naik angkutan umum.

“Banyak cara agar para pelajar ini bisa sampai ke sekolahnya,” kata Titi. (yve)

Baca Juga :  Ini Dia, Tiga Desa Pelopor Demokrasi