Rayi Dalem Tak Ada yang Ingin Jadi Sultan

408
Suasana Sarasehan Jumat di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Jumat (15/09/2017). (solahudin alwi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Saat ini, sebanyak 15 Rayi Dalem menyatakan tidak ingin menjadi Sultan di Keraton Yogyakarta. Penegasan ini disampaikan KMT Condro Purnomo, Jumat (15/09/2017), saat menghadiri Sarasehan Jumat Bersama Keluarga Keraton dan Tokoh Umat Islam DIY di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

“Sebetulnya, di dalam keraton tidak ada masalah, Rayi Dalem yang 15 orang, tidak ada yang ingin menggantikan menjadi Sultan,” tuturnya.

KMT Condro Purnomo yang hadir mewakili GBPH Prabukusumo menyampaikan, adik Sultan HB X itu memberikan dukungan semua elemen ikut menegakkan Paugeran Kasultanan Mataram Islam Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Harapan Gusti Prabu, alhamdulillah jika mau berjuang mempertahankan paugeran. Masalah suksesi itu ring satu. Suksesi tidak boleh ada yang ikut campur. Kita bisanya hanya berdoa semoga suksesi di ring satu tidak meninggalkan Quran, Hadis, Ijma’ dan Qiyas,” pintanya.

Baca Juga :  Festival Teater Tradisional Berdayakan Seniman Lokal

Adapun sarasehan itu sendiri diadakan rutin bergiliran di 68 Masjid Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta dan saat ini sudah memasuki sarasehan ke-32.

Panitia menegaskan, sarasehan sifatnya mandiri dan lebih condong sisi budaya, bukan politik yang penuh intrik. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membangun kerukunan saudara, bukan menyulut pertengkaran saudara. Panitia juga tidak memakai Dana Keistimewaan (Danais) karena mereka percaya Allah Maha Kaya. (sol)