Razia Narkoba Mendadak, Satu Warga Binaan Positif

256
Petugas Satnarkoba Polres Purworejo memeriksa dan menggeledah satu persatu warga binaan dan penghuninya, Selasa (21/11/2017). (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 123 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Purworejo, Selasa (21/11/2017) mendadak gaduh tatkala Satuan Narkoba Polres Purworejo yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah, tiba di rutan dan melakukan pemeriksaan terhadap ratusan penghuni rutan.

Sebelum dikumpulkan di Aula Rutan, satu persatu warga binaan diperiksa seluruh tubuhnya. “Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap isi kamar atau ruangan para tahanan yang ada,” ucap Kasat Narkoba Polres Purworejo, AKP Faturohman.

Hasilnya banyak ditemukan korek api di dalam kamar para tahanan.

“Kami temukan banyak korek api jenis gas di dalam kamar mereka (warga binaan, Red),” ucapnya.

Usai dilakukan, pemeriksaan terhadap kamar, ratusan tahanan langsung melakukan pengambilan sample air kencing mereka.

Baca Juga :  Lima Siswa SDN 2 Sokaraja Kulon Keracunan

Kepala Rutan Kelas IIB Purworejo, Cahyono Adhi Saputro, menjelaskan bahwa tes narkoba tersebut dilaksanakan oleh BNN Jateng dengan Satnarkoba setempat.

“Saya berharap para warga binaan bisa tetap tenang mengikuti prosesnya hingga akhir nanti,” jelas pria yang akrab disapa Adhi ini.

Sementara itu usai dilakukan pengecekkan urin secara keseluruhan, ditemukan satu warga binaan yang positif mengkonsumsi obat.

“Dari 123 warga binaan kami yang di cek urinnya, ternyata ada satu orang yang positif,” terang Adhi.

Adhi menambahkan, kuat dugaan zat psikotropika yang terkandung di dalam urin itu seperti obat batuk.

“Dan dari hasil wawancara petugas dengan warga binaan itu, dia mengaku mendapatkan obat batuk dari klinik yang ada di Rutan kami,” tegasnya.

Baca Juga :  Berbalut Merah Putih, Jenazah Probo Sutejo Dimakamkan

Karena itu obat batuk yang berasal dari Klinik Rutan Purworejo dibawa oleh Tim BNN Jateng untuk dilakukan cek laboratorium. (yve)