Reformasi Birokrasi Tingkatkan Keunggulan Kampus

107
Wisudawan merayakan kelulusan di Kampus UPNVY Condong Catur, Sabtu (13/01/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbenas.id)

KORANBERNAS.ID — Belum banyak perguruan tinggi yang melaksanakan reformasi birokrasi pada saat ini. Padahal hal itu penting dalam rangka menjadi PT yang unggul dan berkarakter.

“Pada saat ini jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang melaksanakan reformasi birokrasi belum banyak. Dan UPN adalah salah satu yang melaksanakannya,” papar Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Prof Dr Ir Sari Bahagiarti, MSc pada Wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister Periode Ke-2 Tahun Akademik 2017/2018 di Auditorium WR. Supratman, Kampus UPNVY Condong Catur, Sabtu (13/01/2018).

Untuk itu, menurut Rektor, mahasiswa supaya terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan menciptakan ragam inovasi. Hal itu jadi bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi.

Baca Juga :  Arus Kendaraan Jalan Wates Masih Normal

Dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, UPNVP mengkonsolidasikan semua potensi yang dimiliki guna bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang unggul dengan karakter dan semangat bela negara. Komitemen UPNVY dibuktikan dengan predikat baik terkait Peta Jalan Reformasi Birokrasi UPNVY tahun 2017-2019 yang dievaluasi oleh Tim Kemenristekdikti.

“Pada peta jalan reformasi birokrasi, UPNVY menargetkan quick win yaitu sistem informasi terintegrasi dan telah dilaksanakan sejak januari 2017,” ujarnya.

Rektor menambahkan, sejumlah upaya yang tengah UPNVY lakukan. Diantaranya, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan budaya riset dan inovasi, peningkatan kapasitas SDM universitas dan perluasan kemitraan di tingkat internasional.

“Selain itu UPNVY telah menorehkan prestasi yaitu mendapatkan peringkat satu dalam telah dilaksanakan pemeringkatan kampus bela negara indonesia, atas kerjasama antara kampus dengan kemristekdikti, dan kementerian pertahanan,” jelasnya.

Baca Juga :  TMMD Membangun Rasa Percaya Diri Masyarakat

Sementara terkait wisuda kali ini, sebanyak 10 wisudawan menerima penghargaan Karya Cendekia. Penghargaan diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademis, lulus dalam waktu singkat, berprestasi di luar kampus, dan aktif di kegiatan organisasi maupun sosial. Pemberian penghargaan ini sudah berlangsung sekitar 18 tahun dan diberikan kepada mahasiswa setiap periode wisuda.

Dari 554 wisudawan, panitia menyeleksi peraih penghargaan dengan membandingkan berbagai komponen penilaian.

“Saya harapkan bekal ilmu di bangku kuliah dapat Saudara manfaatkan sebagai bekal untuk turut membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta secara cerdas, keras, dan ikhlas dengan dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas,” ungkap Sari.(yve)