Ribuan Kader Iringi Ganjar-Gus Yasin Daftar ke KPU

248

KORANBERNAS.ID — Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang diusung koalisi PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat dan PPP yaitu Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Selasa (09/01/2018).

Ribuan kader dan simpatisan dari koalisi empat partai turut mengantar prosesi pendaftaran Ganjar – Gus Yasin. Bahkan mereka masih setia berkumpul di Jalan Pahlawan, yang notabene depan kantor Gubernur Jateng hingga sore.

Ganjar Pranowo – Gus Yasin tiba di Kantor KPU Jateng Jalan Veteran No 1 A Kota Semarang sekitar pukul 15:00. Berkas pendaftaran keduanya diserahkan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto, kepada Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo.

“Semua partai pengusung hari ini ikut hadir untuk mengantar Pak Ganjar dan Gus Yasin mendaftar ke KPU. Dalam proses ini juga diiringi 60 persen masyarakat yang datang dari Blora sampai Semarang,” ungkap Bambang.

Tiga komisioner Bawaslu Jateng, Fajar Saka, Sri Sumanta dan Sriwahyu Annaningsih mengawasi jalannya pendaftaran. (maharani/koranbernas.id)

Ganjar mengaku kaget dengan antusiasme masyarakat mengantar dirinya dan Gus Yasin ke Kantor KPU Jateng. “Kaget banyak kelompok masyarakat dari budaya, petani, mahasiswa, bisa ke sini. Energi dari seluruh komponen ini akan kami gunakan sebaik-baiknya untuk pemenangan kami,” kata Ganjar.

Sementara Gus Yasin mengatakan sudah mendapat restu dari ayahnya, KH Maimoen Zubair, untuk maju di Pilgub 2018 ini.

“Persiapan tidak ada yang khusus, sama saja. Saya diminta (ayah) jadi pemimpin yang membanggakan Jateng dan Indonesia. Dan berkampanye menjaga masyarakat tenteram,” tuturnya.

Antusiasme pendukung mengiringi pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jateng. (maharani/koranbernas.id)

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyatakan telah menerima berkas pendaftaran Ganjar – Gus Yasin. “KPU telah cek berkas pendaftaran dan persyaratan. Sudah lengkap, selanjutnya tes kesehatan,” sambung salah seorang komisioner KPU Bidang Mutarlih, Muslim Aisha.

Dalam proses pendaftaran tersebut penjagaan Kantor KPU Jateng di masa pendaftaran ini sangat ketat. Selain dijaga aparat kepolisian bersenjata laras panjang, di pintu masuk dipasang pula metal detector.

Proses pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jateng. (maharani/koranbernas.id)

Setiap orang yang hendak masuk diwajibkan melewati pendeteksi logam dan menunjukkan id card pendukung bakal calon yang dikeluarkan KPU. Penjagaan ketat ini juga menyasar awak media yang hendak meliput kegiatan pendaftaran.

Tiga anggota Bawaslu Jateng, yaitu Ketua Fajar Saka S dan dua anggota lain Sri Sumanta dan Sriwahyu Annaningsih didampingi Ketua Panwaslu Kota Semarang,  Muhammad Amin tampak hadir mengawasi proses pendaftaran tersebut. (sol)