Ribuan Orang Baca Ikrar Jogja Benteng Pancasila

231
Koordinator Aliansi Masyarakat Yogyakarta, Imam Priyono, menyampaikan keterangan pers pada acara Ikrar Jogja Benteng Pancasila, Jumat (01/06/2018), di Pelataran Parkir Stadion Mandala Krida. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Ribuan orang bergabung dalam Aliansi Masyarakat Yogyakarta membacakan Ikrar Jogja Benteng Pancasila, Jumat (01/06/2018) sore, di Pelataran Parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Imam Priyono selaku Koordinator Aliansi Masyarakat Yogyakarta kepada wartawan mengatakan, acara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 kali ini juga dihadiri perwakilan dari Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), seniman, aktivis, pelajar, pemuda dan mahasiswa.

“Mereka turut melakukan ikrar Setia Pancasila yang intinya berjanji setia menjaga serta melaksanakan Pancasila dalam kehidupan bernegara,” ujarnya.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan,  Eko Suwanto, menambahkan, setelah 73 tahun berlalu sejak Ir Soekarno sebagai Proklamator RI membacakan pidato tentang nilai-nilai dasar Pancasila, di tahun 2018 kembali digelorakan lagi pokok pikiran soal ideologi Pancasila.

“Kehadiran ribuan orang yang bersama-sama membacakan ikrar yang dipandu Aliansi Masyarakat Yogyakarta di bawah koordinasi Imam Priyono ini memiliki harapan besar untuk mewujudkan Pancasila sebagai dasar negara, sebagai pedoman dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai pemersatu bangsa Indonesia,” kata dia.

Eko Suwanto. (istimewa)

Ikrar Jogja Benteng Pancasila memuat lima poin penting. Pertama, janji setia menjaga, melestarikan, membumikan melaksanakan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kedua, komitmen menggelorakan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD NRI 1945 dan NKRI dalam setiap tarikan nafas kehidupan sehari-hari guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang saling menghormati, saling mencintai.

Ketiga, berani melawan segala bentuk intoleransi, radikalisme, penyebar hoax, penebar fitnah, pemecah belah bangsa dan terorisme, serta menolak ideologi yang bertentangan dengan Pancasila maupun melawan pihak-pihak yang berupaya mengganti Pancasila.

Keempat, berkomitmen mewujudkan demokrasi Pancasila yang menjunjung tinggi harkat, martabat dan kehormatan rakyat dengan melawan segala bentuk hoax, fitnah, ujaran kebencian, dan money politics.

Kelima, konsisten mendukung Presiden Jokowi bekerja keras mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia berdasarkan Pancasila.

“Ayo kita terus berjuang untuk membahagiakan hatinya Bangsa Indonesia, sesuai ikrar kita bersama,” kata Eko Suwanto yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Kota Yogyakarta itu. (sol)