Ribuan Orang Pangkas Batang-batang Pohon

414
Warga dan petugas dipimpin Camat Sedayu Drs Fauzan Mu’arifin melakukan rabas-rabas pohon dan kerja bakti, Minggu (11/o2/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ribuan orang di penjuru Kecamatan Sedayu Bantul secara serentak melakukan kegiatan kerja bakti dan rabas-rabas pohon di lingkungan perkantoran dan lingkungan tempat tinggal mereka, Minggu (11/02/2018).

Warga membersihkan dan memangkas batang-batang  pohon yang menjorok ke kabel listrik, kabel telepon, median jalan ataupun dekat tempat tinggal karena berpotensi mengganggu ketika angin atau hujan lebat terjadi.

Seandainya tidak dilakukan rabas-rabas atau penebangan, pohon itu bisa membahayakan keselamatan. Anggota Linmas pun terjun langsung, tidak hanya menggunakan gergaji atau sabit namun juga gergaji mesin atau senzo sehingga memudahkan pekerjaan memotong batang pohon.

Untuk lingkungan Kecamatan Sedayu, kegiatan dipimpin Camat Drs Fauzan Mu’arifin yang tidak segan terjun langsung mengangkut sampah ataupun paprasan pohon dibuang ke tempat sampah.

Mobil Unit Lantas Polsek Sedayu yang dikemudikan Banit Lantas Polsek Sedayu, Bripka Agus Muslim, juga digunakan mengangkut hasil paprasan  dan dibuang ke pekarangan di  sebelah barat Kantor Camat Sedayu.

Baca Juga :  Belasan Pebalap Wanita Bertarung di Kejurnas Slalom III

Usai kerja bakti suasana menjadi semakin akrab karena warga secara swadaya menyajikan hidangan soto dan aneka kue serta minuman secang, dinikmati bersama-sama penuh kerukunan.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak di berbagai tempat. Ide kerja bakti dan rabas-rabas dari dua pihak, baik dari saya sendiri dan  kemudin direspons masyarakat Sedayu. Jadi kalau hari ini berkeliling bisa dilihat banyak sekali titik yang menggelar kegiatan serupa,” kata Camat Fauzan kepada koranbernas.id di lokasi.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk aplikasi Nawala 2 Camat Sedayu, yang meminta masyarakat memotong dan merapikan pohon-pohon yang berpotensi roboh bila terjadi hujan atau angin kencang.

Kemudian, memotong dan merapikan ranting pohon yang berada di sekitar aliran kabel listrik, kabel telepon dan yang menjorok ke jalan agar tidak mengganggu pengguna jalan utamanya kendaraan besar.

“Masyarakat saya minta juga untuk melakukan normalisasi Saluran Air Hujan (SAH) dan saluran irigasi yang tersumbat agar tidak terjadi genangan yang menyebabkan banjir,” katanya.

Baca Juga :  Malam Ini Bantul Bertabur Hiburan

Dia juga berharap masyarakat melakukan mitigasi bencana, melakukan optimalisasi PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dalam rangka angka bebas jentik 100 persen, serta melakukan kegiatan tersebut secara bertahap melalui koordinasi dan gotong royong sebagai akar budaya bangsa Indonesia.

“Nawala 2 Camat Sedayu  ini untuk  mendukung tercapainya visi Kecamatan Sedayu Terwujudnya Pelayanan Prima Menuju Masyarakat Sedayu yang Berdaya, Dinamis dan Sejahtera,” tambah Fauzan.

Ketua RT 03 Dusun Purwokarto Desa Argorejo, Karjo, mengatakan kegiatan rabas-rabas dan kerja bakti rutin dilakukan masyarakat di  lingkungan Purwokarto yang kebetulan satu  wilayah dengan kompleks Kecamatan Sedayu.

“Setidaknya sebulan kami melakukan kegiatan kerja bakti bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Selain tentunya memupuk rasa kebersamaan, kerukunan dan melestarikan tradisi gotong royong sebagai akar budaya bangsa,” katanya. (sol)