Ribuan Orang Tonton Pawai Pembangunan

217
Penampilan Peserta Pawai Pembangunan 2017 yang digelar Pemda DIY, Sabtu (26/08/2107). (solahudin alwi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Ribuan orang antusias menonton gelaran Pawai Pembangunan 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (26/08/2017) sore.

Pawai yang berlangsung di sepanjang Jalan Malioboro ini merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Di panggung kehormatan depan Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, tampak Wakil Gubernur DIY Paku Alam X bersama pejabat terkait lainnya. Paku Alam sendiri datang lebih awal sebelum peserta pawai melintasi panggung kehormatan itu.

Pawai diawali laporan Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY, Ir Roni Primanto Hari MT, kepada Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.

Usai laporan, tak berselang lama disusul datangnya para peserta pawai yang diawali dengan voorijder kemudian langsung digebrak oleh penampilan Drum Band AAU Yogyakarta.

Baca Juga :  Ditolak Naik Trans Jogja Gara-gara Durian

Penonton sangat terkesima menyaksikan jalannya pawai, sampai-sampai pembawa acara berulang kali mengingatkan agar penonton berhati-hati, terutama anak-anak, karena masih ada beberapa lubang menganga dari proyek Revitalisasi Malioboro, termasuk di kawasan Titik Nol Kilometer.

Usai penampilan dari Drum Band AAU serta peserta dari TNI dan Polri, penonton langsung disuguhi penampilan Bregada Keraton Yogyakarta dan Bregada Puro Pakualaman. Kehadiran para prajurit keraton yang rata-rata sudah berusia sepuh menarik minat pengunjung yang langsung mengabadikan atraksi mereka dengan kamera smartphone.

Penampilan itu disusul kemunculan peserta antara lain dari  Drum Band Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Sama, seperti bregada prajurit keraton, personel marching band ini rata-rata juga sudah berusia tua namun demikian mereka terlihat masih bersemangat.

Baca Juga :  JISP Perkuat Branding Jogja Kota Tari

Berbagai institusi pendidikan serta instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat ikut serta memeriahkan pawai itu. Peserta start dari tiga titik yaitu Gedung DPRD DIY, Kantor Dinas Pariwisata DIY, halaman Hotel Garuda dan Taman Parkir Abubakar Ali. Adapun finish di Perempatan Kantor Pos Besar Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Selama pawai berlangsung Jalan Malioboro ditutup total.

Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY,  Dra Amiarsi Harwani SH MS, menyampaikan, selain sebagai simbol aktualisasi semangat Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Pawai Pembangunan kali ini sekaligus sebagai aktualisasi pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan maupun seni budaya. Adapun temanya adalah Dengan Kerja Bersama Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Masyarakat DIY. (sol)