Ribuan Peleri Melintas di Sejumlah Destinasi Kulonprogo

121
Peleri terpaksa jungkir balik saat melintasi sejumlah medan ekstrem di Perbukitan Menoreh. (Sri Widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyambut baik penyelenggaraan “Jogja Hard Enduro 6 Menoreh Explore”, olahraga motor tril menyusuri pegunungan dan obyek menarik di Kulonprogo. Hasto berharap kegiatan ini ke depan dapat digelar lagi dengan rte yang berbeda untuk menjelajah potensi alam setempat.

Event ini, digelar Sabtu (30/06/2018) dan Minggu (01/07/2018) dalam rangkaian peringatan Hari Bayangkara ke-72.

Hasto menyatakan kegiatan semacam ini harus didukung pemerintah.

“Ini harus didukung pemerintah karena menguntungkan rakyat. Untuk peserta sepanjang perjalanan dan diobyek wisata tolong membeli produk warga Kulonprogo. Peserta kita harapkan juga menyebarkan informasi tentang wisata di Kulonprogo,” katanya.

Harapan ini, kata Hasto, tidaklah berlebihan, sebab event selama dua hari ini melibatkan pula pereli dari seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Menristekdikti Kunjungi BPTBA

“Pesertanya tiga ribuan orang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia,”ujar Sidik salah seorang peserta.

Pelepasan rombongan dari Alun-alun Wates dilakukan oleh Kapolda dan Bupati Kulonprogo. Peserta dengan motor tril dari selanjutnya melintas dan menyusuri wilayah perbukitan di sekitar Waduk Sermo kemudian lewat Clapar ke Kalibiru.

Setelah melintasi beberapa trek menarik dan cukup terjal peserta kembali  turun ke selatan lewat lereng sebelah utara calon bandara yaitu Pripih kemudian kembali finish di Alun-alun Wates.

Hadirnya peserta Jogja Hard Enduro 6 Menoreh Explore ini membuat hotel-hotel di Kota Wates penuh. Bahkan kemudian panitia menyulap beberapa rumah warga  menjadi homestay sementara. Demikian juga para pedagang makanan ikut kelarisan.

Baca Juga :  Rumah Terbakar Gara-gara Obat Nyamuk

Renaldi, peserta dari Jawa Timur mengaku cukup terkesan dengan acara di Kulonprogo ini.

“Kita berharap tahun depan ada lagi. Saya lihat bukit di utara sana cukup menarik. Indah dan menantang,” ujarnya.(SM)