Ribuan Taruna Seluruh Dunia akan Datangi Sleman

281
Sekda Sleman, Sumadi dan Mayjen TNI Endang Sodik President of World CadetGames untuk Indonesia saling tukar cinderamata saat kunjungan di Sleman, Rabu (11/10/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Sumadi menerima kunjungan Komisi Olahraga Militer Indonesia (KOMI) di Ruang Tamu Bupati Sleman, Rabu (11/10/2017). Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan World Cadet Games 2018, yaitu sebuah forum untuk bertemunya para taruna militer se-dunia.

Sumadi menyambut baik atas penyelenggaraan event militer tingkat Internasional tersebut. Menurutnya ini merupakan kesempatan yang baik untuk Indonesia, khususnya Kabupaten Sleman, untuk menunjukkan potensi-potensi yang dimiliki.

Pemerintah Kabupaten Sleman siap untuk mendukung serta memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

“Prinsipnya kita mendukung. Dan hal-hal yang bisa kami fasilitasi, maka akan kami fasilitasi. Khususnya terkait hal-hal yang bisa mendorong penumbuhan ekonomi, kerajinan, pariwisata dan budaya,” kata Sumadi.

Mayjen TNI Endang Sodik selaku Ketua Penyelenggara sekaligus President of World CadetGames untuk Indonesia, mengungkapkan, untuk acara tersebut pihaknya telah mengundang 135 negara dari seluruh dunia.

Sodik juga menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 28 negara, dengan jumlah peserta sebanyak 1.715 orang yang terkonfirmasi dapat menghadiri kegiatan tersebut.

“Jadi sekarang ini dalam tahap persiapan. Kita mengkomunikasikan kepada semua instansi terkait, termasuk pemerintah daerah,” imbuhnya.

Sodik mengatakan, World Cadet Games 2018 akan diselenggarakan selama delapan hari tanggal 28 April hingga 6 Mei 2018.

Adapun tempat pelaksanaannya, lanjutnya, akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta dan Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Sodik mengaku ada setidaknya empat misi yang dibawa pihak penyelenggara dalam event tersebut, diantaranya misi diplomasi, misi edukasi, misi promosi dan misi ekonomi.

“Dari sisi ekonomi ini saya harapkan Pemerinah Daerah bisa memanfaatkan dari sisi pariwisata, UKM dan lainnya,” jelas Sodik. (SM)