RRI Peringati HAN dengan Pentas Kreativitas Anak

67
Anak-anak TK memperagakan gerakan binatang dalam Lomba Animal Dance, memeriahkan HAN di Auditorium RRI Gejayan, Sabtu (04/08/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Ribuan peserta terdiri dari 700-an anak TK dan orangtuanya, ikut memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang berlangsung di Auditorium Radio Republik Indonesia (RRI) Gejayan, Sabtu (04/08/2018).

Mereka terlibat dalam Pentas Kreativitas Anak, yang antara lain diisi dengan kegiatan Lomba Mewarnai, Mengisi Pola, Animal Dance dan Lomba Tumpeng untuk orangtua serta talkshow bertema “Peran Ibu Indonesia Mempersiapkan Generasi Alfa Sejak Dini”.

Kepala Bidang Programa Siaran RRI Yogyakarta, Yuliana Marta Doky mengatakan, kegiatan yang digelar pagi hingga siang hari ini, melibatkan siswa-siswa TK dari 50 sekolah, yang selama ini ikut mengisi siaran di RRI.

“Memeriahkan Hari Anak Nasional sekaligus menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI, dan mengisi Bulan Lembaga Penyiaran Publik,” kata Martha, disela-sela acara.

Baca Juga :  Generasi Milenial Perlu Belajar Sejarah

Martha menjelaskan, kegiatan serupa juga digelar di seluruh stasiun RRI se-Indonesia. Rangkaian kegiatan ini diharapkan akan menjadi sumbangsih RRI bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui berbagai kegiatan kreatif anak.

Lomba tumpeng ikut memeriahkan peringatan HAN. (istimewa)

Dikatakan, rangkaian kegiatan didesain sedemikian rupa, untuk melatih kemandirian dan kreativitas siswa. Untuk itu, orangtua yang mengantarkan anak-anaknya, tidak diizinkan untuk terus mendampingi anak mereka dalam lomba. Sebaliknya, orangtua diminta untuk ikut memeriahkan lomba membuat tumpeng yang sudah disiapkan panitia.

“Kegiatan ini menjadi ajang berekspresi anak-anak sekaligus mengasah bakat yang dimiliki anak. Kami sengaja memisahkan kegiatan anak dengan orangtua, agar anak-anak lebih mandiri,” terang Marta sembari menyebutkan peserta tidak dipungut biaya dan bagi pemenang mendapatkan trofi, piagam dan hadiah.

Baca Juga :  Bupati : PNS Harus Jadi Panutan dalam Pajak

Untuk talkshow, menghadirkan narasumber Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun dan Psikolog Bunda Shinta.

Menurut Marta, pesatnya kemajuan teknologi digital, membawa dampak luar biasa bagi anak ketika berinteraksi dengan internet melalui gadget.

“Disinilah orangtua memainkan peran penting dalam mengarahkan anak ke hal-hal positif untuk membentuk generasi Alfa yang berkualitas,” katanya.

Pergelaran Pentas Kreativitas Anak Indonesia merupakan yang pertama kali diselenggarakan RRI dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Martha berharap, kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan di tahun-tahun yang akan dating. (*/SM)