RSDS Dr Soedirman Tangani Persalinan Kembar 3

567
Di ruang peristri ini, ketiga bayi kembar dirawat, pasca persalinan dengan cara Caesar, Kamis (19/04.2018). (Nanang WH/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Pasangan Siti Nurohmah (23) dan Edi Suprapto (34), warga Dukuh Kaligowong, Desa Kalipuru, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Selasa (17/04/2018) sungguh berbahagia. Siti berhasil melahirkan bayi kembar 3 dengan selamat di Rumah Sakit  dr  Soedirman (RSDS) Kebumen.

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) eks Jamkesmas ini, melahirkan dengan operasi caesar. Ketiga anak kembar itu, hingga Kamis (19/04/2018) masih dirawat di ruang peristri RSDS Kebumen.  Sedangkan ibunya di ruang terpisah.

“Kondisi ketiga bayi sehat, meskipun lahir dengan berat badan di bawah normal,“ dr Wahyu Adiwinanto, MSi, Med  SpA, kepada wartawan di ruang peristri, tempat ketiga bayi kembar dirawat, Kamis (19/04/2018).

Ketiga bayi itu, dengan dengan masa kehamilam normal, tidak  prematur yakni 36 pekan. Berat badan bayi disebut normal, jika saat  lahir berat 2.500 gram sampai dengan 4.000 gram. Saat lahir, berat badan ketiga bayi itu di bawah 2.500 gram.

Berdasarkan keterangan sang ayah, di keluarga besar pasangan ini, belum ada keluarga dengan persalinan kembar. Baru kali ini, keluarga pasangan Siti Nuromah dan Edi Suprapto punya bayi kembar. Sehingga kemungkinan aka lahir lagi bayi kembar di kemudian hari sangat besar karena factor genetaik.

‘Ibu si kembar sudah tahu, selama kehamilan jabang bayi kembar. Tapi setahu kami kembar 2. Eh ternyata malah 3,” kata Kepala Ruang Peristri  RSDS Sri Abdi Lestari Skep Ns.

Keluarga ini, tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan (PBI). Rajin memeriksa kesehatan ibunya di bidan setempat selama masa kehamilan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer pada BPJS Kesehatan Cabang Kebumen Hubertus Genias Ungguli kepada koranbernas.id menjelaskan, biaya perawatan ketiga  bayi kembar itu pasca kelahiran bisa ditanggung pemerintah/BPJS Kesehatan, jika orang tuanya peserta BPJS Kesehatan/PBI.

Tetapi, orang tua bayi harus melaporkan kelahiran ketiga bayi itu. Ada syarat tertentu yang harus dicukupi orang tua bayi. Salah satunya  surat keterangan lahir. Berbeda dengan peserta BPJS Kesehatan mandiri, ada masa tenggang berlakunya jaminan kesehatan. Peserta PBI bisa langsung berlaku, setelah didaftarkan di BPJS Kesehatan. (SM)