Mobil damkar mengevakuasi kebakaran di JCM, Selasa (27/09/2017). (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kekacauan terjadi di Jogja City Mall (JCM), Rabu (27/09/2017) malam. Rumah ibadah di lantai 3 mall tersebut terbakar sekitar pukul 19:30 wib. Ribuan pengunjung berhamburan keluar dari mall tersebut karena asap yang keluar dari lantai paling atas tersebut. Lebih dari lima mobil pemadam kebakaran (damkar) yang datang langsung memadamkan api.

Pembukaan Culinary and Shopping Festival yang tengah berlangsung pun langsung dihentikan. Pengunjung dan karyawan yang turun ke area luar mall sempat panik karena terdengar suara dentuman dari dalam mall. Mereka berlarian keluar meski hujan deras mengguyur di sepanjang Jalan Magelang.

Sebagian tenant kuliner pun terpaksa dibongkar untuk memudahkan damkar masuk dan melakukan evakuasi. Kemacetan terjadi di kawasan tersebut karena pengunjung yang panik keluar dari mall.

Suasana di JCM saat terjadi kebakaran. (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

Claudia Varinda, Manager Event and Promotion JCM kepada koranbernas.id mengungkapkan, kebakaran terjadi karena konsleting listrik di tempat ibadah. Berdasarkan informasi yang diterimanya, api yang muncul dalam kebakaran tersebut sebenarnya kecil. Namun karena asap yang ditimbulkan dari kebakaran menyebar ke mana-mana, pihak manajemen kemudian melakukan evakuasi di seluruh lantai.

“Kami mencoba menyelamatkan pengunjung yang tidak kuat menghirup asap yang keluar dari kebakaran. Namun tidak ada korban dalam kebakaran ini,” ujarnya.

Pihak manajemen, lanjut Claudia belum bisa memberikan keterangan secara lengkap terkait insiden tersebut. Namun dirinya memastikan akan memberikan keterangan secara detil bila kejadian sudah kondusif.

Pengunjung JCM berhamburan keluar saat terjadi kebakaran, Selasa 927/09/2017). (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

Sementara Agung, salah seorang anggota rumah ibadah yang terbakar mengaku ketakutan saat terdengar suara dentuman dari dalam. Apalagi saat kejadian, sekitar 2.000 jemaat tengah mengadakan pesta ulang tahun rumah ibadah itu.

“Saya baru bersiap main musik, tiba-tiba ada suara dentuman dan orang-orang lari karena panik ada asap keluar setelah konsleting listrik,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, damkar masih melakukan evakuasi. (yve)