Rumah Kreatif Bapas Kurban Bersama ABH

116
Rumah Kreatif Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jogja menyerahkan kambing kurban, Jumat (24/08/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Rumah Kreatif Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jogja bersama Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) menyerahkan hewan kurban di Kandang Kelompok Ngudi Makmur, Beran Lor, Tridadi, Sleman pada hari Jumat (24/08/2018).

Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, Ali Syeh Banna menjelaskan, kegiatan kurban yang merupakan bantuan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Raya Idul Adha.

”Kegiatan ini juga dalam rangka  pembimbingan kepribadian dan kemandirian serta wujud kepedulian bagi klien (ABH) dan warga sekitar Rumah Kreatif Bapas untuk meneladani pengorbanan dan ketaatan Nabi Ibrahim pada Allah SWT,” jelas Ali.

Ali menjelaskan, Rumah Kreatif Bapas merupakan hasil kerjasama Bapas Kelas I Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(DP3AP2KB).

Kerjasama ini disepakati dalam perjanjian kerjasama nomor : 65/PK.KDH/D/2018 dan nomor w14/PAS.PAS.4.PK.01.04.13-1885 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak yang Berhadapan dengan Hukum melalui Pengembangan Rumah Kreatif Bapas Kelas 1 Yogyakarta di Kabupaten Sleman.

“ABH yang kami bina ada 14 orang anak. Yang aktif di Rumah Kreatif saat ini ada  4 orang anak. Kami terbuka untuk umum dan mengembangkan 11 program untuk ABH agar bisa mengembangkan diri dan hidup lebih baik lagi menggali potensi yang dimiliki,” terangnya.

Ali menambahkan, ada tiga macam kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Bapas ini, yaitu budidaya lele, tanaman buah dalam pot (tabulampot) dan pembuatan pupuk kompos. Selain itu di bidang kerohanian juga dilaksanakan kegiatan terapi spiritual seperti doa di Masjid Agung Wahidin Soedirohoesodo setiap Senin sore.

“Kami juga melakukan pendampingan mobile dengan datang ke rumah ABH untuk memberikan konsultasi, bimbingan rohani, wawasan kebangsaan, keterampilan di bidang usaha maupun pelatihan IT dibidang grafis,” tambahnya. (SM)