Rumah Roboh, Penghuni Terluka

239
Warga kerja bakti menyingkirkan bangunan rumah yang ambruk diterjang angin di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari, Kamis (23/11/2017). (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Rumah milik Edi Susanto (45) di Dusun Sumuran RT 03 RW 03 Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul, ambruk rata tanah. Rumah kampung yang kondisi bangunanya memang sebagian sudah lapuk ini, ambruk setelah diterjang angin disertai hujan deras.

Dalam peristiwa yang terjadi Kamis (23/11/2017) siang ini menimbulkan korban jiwa, karena seorang nenek Ny Ngatinem yang umurnya sudah 80 tahun, mengalami luka bagian kepala akibat tertimpa bangunan rumah yang ambruk. “Korban mengalami luka, dirawat Rumah Sakit Umum Wonosari,” kata Muhammad Syahrid, salah seorang saksi.

Korban mengalami luka karena saat kejadian nenek ini sedang memasak di dapur. “Kejadiannya sangat cepat, sehingga nenek tidak sempat menyelematkan diri,” tambah Edi Susanto.Setelah dirawat beberapa saat di rumah sakit, korban luka ini diperbolehkan pulang dengan status rawat jalan.

Terpisah, anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari, Marjono, mengaku angin sebenarnya bertiup tidak terlalu kencang, namun karena kondisi bangunan rumah bagian kampung ini sudah tua, sehingga langsung ambruk. Akibatnya, robohnya bangunan ini menimpa isi rumah dan merusakan peralatan dapur.

Masyakarat dibantu anggota FPRB, BPBD dan para relawan langsung melakukan kerja bakti mengevakuasi bangunan rumah yang sudah hancur. Kejadian ini menyebabkan kerugian jutaan rupiah. (sol)