Rumah Terbakar Gara-gara Obat Nyamuk

196
Rumah milik warga Dusun Karangasem ludes terbakar akibat obat nyamuk bakar. (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Jangan sepelekan obat nyamuk bakar. Selain ampuh mengusir nyamuk ternyata barang tersebut bisa membakar rumah.

Inilah yang dialami Slamet (54) warga Dusun Karangasem Desa Pulutan Kecamatan Wonosari Gunungkidul. Rumahnya ludes dilalap api gara-gara obat nyamuk bakar yang lupa dimatikan, Sabtu (28/10/2017) pukul 12:00.

Kebakaran rumah tersebut pertama kali diketahui oleh Mujiyati, istri korban serta Wawan (48) tetangga dekatnya.

Menurut Wawan, sejak pagi rumah dalam kondisi kosong ditinggal pemiliknya ke tempat tetangga yang punya hajatan, untuk membantu memasak.

Saat itu Mujiyati pulang ke rumah dan melihat rumahnya sudah terbakar. Dia berteriak minta tolong tetangga dan  berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Baca Juga :  Tiga Hotel Bagi-bagi Sarapan Gratis

Karena angin berhembus cukup kencang maka api cepat menjalar dan membakar rumah milik Slamet yang sebagian besar terbuat dari kayu dan triplek berukuran 6×10 meter.

Kapolsek Wonosari Kompol Sutama menyatakan benar terjadi kebakaran rumah di Desa Pulutan. Berkat kerja sama warga dan pemadam kebakaran Pemkab Gunungkidul, api berhasil dipadamkan namun telah membakar separuh rumah.

Kompol Sutama menambahkan, penyebab kebakaran diduga dari obat nyamuk bakar yang lupa dimatikan, sehingga merembet dan membakar kain serta kasur yang akhirnya membakar rumah.

“Untuk korban jiwa nihil, kerugian material di antaranya almari, kasur  dan barang elektronik,” kata Kompol Sutama.(sol)