Rumahnya Sempit dan Berlantai Tanah

268
Bhabinkamtibmas Desa Argosari Bripka Murijan bersama Panit 2 Bhinmas Polsek Sedayu Aiptu Alip Subana memberikan bantuan kepada warga kurang mampu, Selasa (03/10/2017). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Rumah yang dihuni Sukiman (67), warga Dusun Tapen RT 15 itu sempit dan berlantai tanah. Di rumah itu pula, Selasa (03/10/2017) kemarin, dia terlihat senang dan gembira tatkala menerima bantuan.

Kula  matur nuwun sanget dhumateng Pak Murijan. Bantuan menika manfaat sanget,” kata Sukiman alias Sugeng berkaca-kaca didampingi istrinya Ny Tukinem (60). Dia pun menguntai doa untuk Bripka Murijan atas kebaikan hatinya tersebut.

Berbagi cinta, kasih sayang dan perhatian merupakan wujud tali kasih sebagai sesama umat manusia. Dengan dilandasi keikhlasan dan rasa kemanusiaan, maka perbuatan tersebut akan menjadi pahala.

Itulah keyakinan yang dimiliki Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Argosari Kecamatan Sedayu Bantul, Bripka Murijan, saat menjalankan tugasnya.

“Memang kegiatan berbagi ini saya lakukan secara berkala sambil sambang warga,” kata Bripka Murijan didampingi Panit 1 Bhinmas Iptu Agus Supraja SH dan Panit II Aiptu Alip Subana tatkala menyerahkan bantuan di sepuluh titik di wilayah Argosari.

Adapun sumber bantuan berasal dari warga mampu atau donatur, yang dihimpun oleh Bripka Murijan kemudian disalurkan kepada mereka yang berhak. Wujudnya beras, minyak goreng, mi instan, teh, gula hingga pakaian layak pakai.

Apa yang dilakukan Bripka Murijan memperoleh sambutan bahagia dan haru dari penerima. Dari pantauan koranbernas.id di lapangan, penerima bantuan memang benar-benar orang tidak berpunya. Artinya bantuan itu sangat tepat sasaran.

“Semua data tersebut by name dengan segala persoalan yang mereka hadapi, saya punya datanya,” kata Bripka Murijan.

Senada, Ny  Wasiyatni yang tinggal di Dusun Gubug Argosari mengaku senang dengan datangnya bantuan.

Ditemui di rumahnya yang kondisinya memprihatinkan, Ny Wasiyatni mengaku bantuan akan dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. “Matur nuwun sanget, niki mangke kula kangge masak,” katanya.

Sementara Aiptu Alip Subana mengatakan kegiatan Bhabinkamtibmas memang selalu melekat dengan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Bhabin ini memonitor, mencatat dan juga memfasilitasi sekiranya ada yang membutuhkan bantuan,” kata Aiptu Alip.

Di Kecamatan Sedayu dilakukan pula penyerahan peralatan bagi warga yang membutuhkan, bersumber dari Dana Sosial UPK Kecamatan Sedayu Tahun 2017.

Alat kerja seperti etalase, panci dan alat-alat masak untuk berjualan itu diberikan kepada 37 orang dengan nilai bantuan Rp 39 juta.

“Bantuan ini semoga bisa memberikan manfaat dan menjadikan mereka bisa mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi,” kata Drs Fauzan Muarifin, Camat Sedayu.

Bantuan tidak semata-mata berupa alat bantu untuk kepentingan usaha, namun yang pasti diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penerima. (sol)