Salurkan Infak Salat Idul Adha ke Lombok

110
Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSI ketika menjadi khotib dalam Shalat Idul Adha 1439 H di Lapangan SMP Negeri 1 Sleman, Rabu (22/08/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI mengharapkan perolehan hasil infak Salat Idul Adha 1439 H di Kabupaten Sleman disalurkan untuk korban gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Hal ini disampaikannya selepas menjadi khatib Salat Idul Adha 1439 H di Lapangan SMP Negeri 1 Sleman, Rabu (22/08/2018).

Sri Purnomo mengimbau hasil infak Salat Id di Kabupaten Sleman dikumpulkan menjadi satu, kemudian diserahkan ke Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sleman.

“Jangan sampai tiap panitia mengirimkan sendiri-sendiri. Kalau dikumpulkan satu kabupaten dan ada perwakilan yang ke sana tentu nominalnya lebih maksimal untuk digunakan pada program yang tepat,” jelasnya.

Penyaluran bantuan tersebut sebagai rasa solidaritas kepada saudara di luar daerah yang saat ini terkena musibah. Terlebih momentum kurban merupakan manifestasi dari mendekatkan diri, saling berbagi dan peduli, serta bersyukur pada Allah SWT.

“Semangat bersyukur harus kita dorong. Terlebih Idul Adha ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Mari kita isi dengan kegiatan positif yang membawa kemanfaatan pada masyarakat,” tambahnya.

Ketua Panitia Salat Idul Adha 1439 H di Lapangan SMP N 1 Sleman, Edi Nurwiyanto, mengatakan dari perolehan total infak sebesar Rp 24.014.800, 60 persennya akan disumbangkan untuk korban gempa Lombok.

“Ini sudah menjadi kesepakatan panitia untuk meringankan saudara-saurara kita di Lombok dan kami juga akan menjalankan arahan Bapak Bupati Sleman untuk mengumpulkan menjadi satu bantuan dari hasil infak tersebut,” tutur Edy.

Selain di SMPN 1 Sleman, pengumpulan infak yang akan disalurkan sebagai bantuan untuk Lombok, juga dilakukan di sejumlah tempat penyelenggaraan salat Idul Adha.

Pada pelaksanaan ibadah Salat Idul Adha di Lapangan Denggung Sleman yang dihadiri Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes beserta keluarga, juga dilakukan pengumpulan infak.

Senada dengan anjuran Bupati Sleman terkait Idul Adha yang menjadi momentum saling berbagi dan peduli, selain mengumpulkan infak atau bantuan untuk Lombok, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Baznas Sleman juga menyelenggarakan kegiatan tebar kurban.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian serta bentuk rasa syukur yang diwujudkan dalam kegiatan berbagi. Kegiatan tersebut diselenggarakan di tiga kecamatan pada 23- 25 Agustus 2018.

Kecamatan yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan tebar kurban yaitu di Kecamatan Ngemplak, berlangsung di Mushala Daruna’im Desa Caturharjo, Kamis (23/08/2018).

Kemudian di Kecamatan Minggir tepatnya di Masjid An-Nur Desa Sendangagung, Jumat (24/08/2018).

“Ketiga, di Kecamatan Prambanan bertempat di Masjid Al-Amin Gayam Kampung Magersari pada Sabtu (25 /08/2018),” papar Kriswanto, Ketua Baznas Kabupaten Sleman.

Masing-masing Kecamatan mendapat satu ekor sapi. Ketiga sapi tersebut merupakan bantuan dari Wakil Bupati Sleman, Bank Sleman, Kapolres Sleman, Kemenag, PDAM Sleman, Bappeda Sleman, Satpol PP Sleman, BPD DIY KC Sleman, P3AP2KB Sleman, serta pimpinan dan staf Baznas Sleman. (sol)