“Salurkan yang Baik, Bukan Kecaman”

656

KORANBERNAS.ID — Keberadaan kanal komunikasi yang dibentuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hendaknya dijadikan sebagai sarana bermitra antara kementerian dengan masyarakat termasuk para pegiat lingkungan.

Inilah harapan Kepala Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion Jawa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Drs Sugeng Priyanto MSi, ketika menghadiri Pembentukan Kanal Komunikasi dalam Mengembangkan Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Senin (28/08/2017), di @HOM Platinum Yogyakarta.

Selain sebagai media untuk mengingatkan kinerja jajarannya, menurut Sugeng Priyanto, kanal tersebut juga perlu diisi hal-hal yang positif. “Salurkan yang baik, bukan kecaman,” ungkapnya.

Di hadapan puluhan peserta yang merupakan pegiat lingkungan hidup seperti aktivis dan pengelola bank sampah, komunitas sungai dan lain-lain, Sugeng sepakat kanal komunikasi sangat dibutuhkan supaya tidak ada sumbatan informasi.

Kalaupun kemudian ada iInformasi yang tidak nyambung maka perlu diolah dan dikendalikan supaya tidak menjadi hoax.

Secara khusus dia mengapresiasi konsep pengelolaan lingkungan sungai di Yogyakarta yang sudah berjalan baik, salah satunya M3K (Mundur Munggah Madhep Kali). Kegiatan positif itu perlu dijadikan ikon gerakan pengelolaan lingkungan sungai di daerah ini.

Persoalannya, lanjut dia, sampah masih menjadi masalah. Pernah suatu ketika, dia ikut kegiatan bersih sungai di Yogyakarta tapi dilihatnya masih ada warga membuang sampah ke sungai. (sol)