Sampah di Pinggir Jalan Hantui Knaiban

87
Tumpukan sampah di pinggir Jalan Juwiring-Tanjung Desa Knaiban Kecamatan Juwiring yang disesalkan banyak pihak. (Massal Gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Aksi buang sampah yang dilakukan orang tak dikenal di pinggir Jalan Juwiring-Tanjung Desa Knaiban Kecamatan Juwiring akhir-akhir ini dikeluhkan banyak pihak. Lokasi pembuangan sampah berada di pinggir jalan yang cukup ramai dan mengganggu orang banyak.

Kepala Desa Knaiban Bagus Handoko mengaku tidak mengenal dan tidak tahu identitas warga yang membuang sampah itu. Namun dia yakin jika orang itu bukan warganya.

“Yang buang sampah di sana bukan warga kami. Warga dari luar Desa Knaiban. Yang jelas tumpukan sampah itu sangat mengganggu,” kata Bagus saat dihubungi, Senin (27/08/2018).

Untuk mengantisipasi maraknya warga yang membuang sampah di lokasi itu, dirinya akan meminta pemilik lahan untuk memasang bambu atau apa saja agar orang lain tidak bisa lagi membuang sampah sembarangan.

Baca Juga :  Wah LPG 5,5 KG Kurang Diminati

Sebab kata dia, sampah yang dibuang di lokasi pembuangan sampah itu umumnya sudah terbungkus plastik dan yang membuang menggunakan sepeda motor.

Senada dikemukakan Edy, warga Desa Knaiban. Menurut dia, ada dugaan sampah-sampah yang dibuang itu berasal dari Pasar Tanjung atau warga yang tinggal di sekitar pasar. Pasalnya tumpukan sampah di pinggir jalan wilayah Desa Knaiban muncul pada saat Pasar Tanjung mulai dibangun.

“Pada saat pasar dibangun otomatis TPS sampah di pasar ikut dibongkar. Praktis tidak ada tempat membuang sampah. Bisa jadi sampah itu dari pasar,” ujarnya.

Terlepas sampah itu berasal dari mana, Edy menyarankan warga untuk mengubah perilaku buang sampah di sembarang tempat. Apalagi di pinggir jalan atau di sungai yang nantinya mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang banyak.

Baca Juga :  Kualitas Beras Mirip Raskin, Tiga Pasar Batal Laksanakan OP 

Senada dikemukakan Camat Juwiring Herlambang Jaka Santosa. Kepada koranbernas.id, dia mengaku prihatin atas munculnya tumpukan sampah di pinggir Jalan Juwiring-Tanjung. Dia juga mengimbau warga untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.(SM)