Sampah Harus Disayang, Seperti Apa ?

205
Kepala Dinas Lingkungan Hidup bersama Camat, Kepala Desa , dan Pelajar SMA/SMK, SMP, SD se-Kecamatan Kranggan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Peduli Sampah, Kamis (22/02/2018) (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung bersama dengan camat se-Kabupaten Temanggung, kepala desa se-Kecamatan Kranggan, SMA/SMK, SMP, SD se-Kecamatan Kranggan dan kepala sekolah se-Kecamatan Kranggan melaksanakan upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di depan kantor Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Sanggrahan Kecamatan Kranggan Temanggung, Kamis (22/02/2018) .

Adapun tema kegiatan “Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah dengan maksud untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengolah sampah. Dalam memperingati hari peduli sampah nasional ini, DLH kabupaten telah melaksanakan sosialisasi kebijakan dan program pengolahan sampah, gerakan Jumat bersih, fasilitasi kegiatan bersama masyarakat dalam upaya bersih sampah dan pemberian bantuan satgas pengolahan sampah. Semua kegiatan akan didokumentasikan yang kemudian akan menjadi tambahan poin untuk mendapatkan penghargaan Adipura pada bulan Maret 2018.

“Dengan adanya acara ini semoga masyarakat timbul kesadaran akan sampah untuk bisa dimanfaatkan dan mendatangkan rezeki dan meningkatkan perekonomian masyarakat Temanggung pada khususnya,“ ungkap Sadwoko Heri Susatyo Asisten Bidang Perekonomian SETDA Kabupaten Temanggung,

Dalam acara ini dilaksanakan juga pemberian bantuan berupa 4 unit motor kebersihan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan komisi 7 DPR RI kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Madureso, 100 potong kaos, alat kebersihan dan tempat sampah dari BPD Bank Jateng kepada tenaga kebersihan.

Kemudian bibit tanaman dari SMA Pringsurat dan PT. PAM Kecamatan Parakan kepada pemerintah kabupaten Temanggung yang kemudian diberikan kepada Kelompok Tani Sido Maju Kaloran, Kelompok Tani Murti 1 Kandangan dan Pumapala Temanggung.

“Semoga sampah ini akan menjadi berkah tidak hanya menjadi sampah yang tidak bermanfaat bagi masyarakat,“ ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Prasojo. (yve)