Sapi Jokowi Mengandung Cacing Hati

560
Sapi kurban bantuan Presiden Jokowi mengandung cacing hati yang disembelih di Mushola Al Huda Dusun Bodowaluh, Pundong, Jumat (1/9/2017). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sapi kurban bantuan dari Presiden Jokowi disembelih di Masjid Al Huda Dusun Bodowaluh, Desa Srihardono,Kec Pundong usai warga sholat Ied, Jumat (1/9/2017). Setelah dikuliti didapati daging 295,5 kilogram. Selanjutnya daging beserta kulit dan balungan segera dicacah dan dibungkus ke dalam plastik untuk dibagikan kepada warga.

Namun dari pemeriksaan diketahui sapi ini mengandung cacing hati, drh Sri Rahayu dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pundong mengatakan total hati sapi yang mengandung cacing 5 kilogram.

“Sudah kami periksa dan diketahui kalau cacing hati sudah menyebar. Jadi tidak ada hati yang bisa diselematkan alias tidak layak konsumsi,”kata Sri.

Sehingga dirinya telah meminta warga untuk menguburkan cacing yang secara kasat mata terlihat keputih-putihan dan mengeras tersebut.

Baca Juga :  PKS Daftarkan 45 Caleg

“Ini tidak boleh dikonsumsi. Kalau dipaksakan bisa menyebabkan diare,” katanya.

Adapun asal cacing hati diyaini dari konsumsi hewan ternak. Termasuk keong juga bisa menjadi perantara.

Dari info yang didapat koranbernas.id sebaiknya memberi pakan ternak menggunakan rumput yang telah terkena sinar matahari karena bisa mematikan cacing. Sehingga peternak harus dihindari mengambil rumput terlampau pagi.

“ Sebenarnya kalau cacing hati belum parah bisa dimanfaatkan dengan cara dimasak pada suhu tinggi. Tapi kalau sudah parah seperti ini tidak bisa,takutnya tidak efektif,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan,Bantul, Joko Waluyo mengatakan pada hari Idul Adha mereka menerjunkan petugas dan mendata ke 2.000 titik lokasi penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga :  Ratusan Penambang Pasir Kali Progo Protes

“Laporan baru masuk dari 244 titik dan memang dijumpai beberapa kena cacing hati. Kalau antraks tidak ada,” katanya. (yve)

Tips Melihat Hati Sapi

Sapi sehat : kondisinya halus, pinggir bagiannya tipis atau runcing. Warna kemerahan.
Sapi dengan cacing hati : tekstur hatinya kasar, kalau diiris seperti berpasir. Di lorong-lorong yang ada di bagian hati akan ada cacing-cacing keluar. Warna keputih putihan.

sumber:Puskeswan Pundong