Sapi Kurban Dikirim ke Permukiman Tengah Hutan

219
Warga dan jamaah mempersiapkan daging kurban untuk dibagikan ke masyarakat. (arie giyarto/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Momentum Hari Raya Idul Adha 1439 H yang jatuh Rabu (22/08/2018), disambut suka cita jamaah Masjid Mataram Pakel Baru Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta.

Jamaah dan takmir masjid berhasil menyalurkan hewan kurban berupa sapi sembilan ekor dan kambing lima ekor.

Ketua Takmir Masjid Mataram, H Muhammad Syafril Yasin, menjawab pertanyaan koranbernas.id menjelaskan jumlah hewan kurban meningkat dibanding tahun sebelumnya sejumlah tujuh ekor sapi.

Sebagaimana tahun-tahun lalu, Masjid Mataram kali ini juga berbagi kegembiraan dengan masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Kami memilih dua lokasi sekaligus di wilayah Gunungkidul yakni di Banyusoca Kecamatan Paliyan serta Monggol Kecamatan Tanjungsari,” kata Syafril.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan jagal profesional sehingga cepat selesai. (arie giyarto/koranbernas.id)

Wilayah Banyusoca diberikan seekor sapi. Sedang Monggol satu ekor sapi, tiga kambing serta 225 paket sembako.

Baca Juga :  Permen Narkoba Beredar di Sleman?

Pemilihan lokasi itu ditetapkan berdasarkan survai. Wilayah tersebut belum pernah ada penyembelihan hewan kurban baik bantuan dari luar maupun internal warga permukiman setempat.

Permukiman itu berada di tengah hutan dengan kondisi yang memprihatinkan. Di Monggol penduduknya banyak, lebih dari 900 jiwa.

Dengan pemilihan lokasi yang tepat diharapkan warga masyarakat merasakan manfaatnya.

Jamaah memotong daging kurban sebellum dibagikan. (arie giyarto/koranbernas.id)

Sapi dan kambing sudah dikirim ke lokasi. Penyembelihan dijadwalkan Kamis (23/08/2018) pagi, didahului pengajian dengan pembicara Drs H Muchlas Abror.

Keberadaan rombongan akan didampingi Wakil Bupati Gunungkidul, Drs H Immawan Wahyudi.

Sedang sapi dan kambing sisanya telah disembelih di kompleks masjid tersebut, Rabu, dan dagingnya dibagikan kepada warga di sekitar Masjid Mataram.

Baca Juga :  Hujan Abu Selimuti Bantul

Penyembelihan  dilakukan oleh jagal profesional sehingga jamaah dan warga tinggal menyiapkan daging dalam kantong-kantong plastik kemudian didistribusikan.

Pembagian melibatkan puluhan jamaah dan baru selesai sore hari. Keterlibatan jamaah ini sekaligus untuk membangun keakraban dan kebersamaan.

Sementara Masjid Baiturrohim Jalan Sidokabul, menyalurkan kurban berupa sapi tujuh ekor dan kambing 16 ekor.

Masjid wakaf keluarga (alm) H Sugiyarto SH CN tersebut saat ini sedang direnovasi. Masjid diperluas lantaran tidak lagi mampu menampung jamaah. (sol)